Abu vulkanik Gunung Lokon tutup Desa Tateli

Senin, 09 September 2013 - 14:36 WIB
Abu vulkanik Gunung Lokon tutup Desa Tateli
Abu vulkanik Gunung Lokon tutup Desa Tateli
A A A
Sindonews.com - Gunung api Lokon yang berada di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Senin (9/9/2013) pagi kembali meletus dan mengeluarkan abu vulkanik.

Abu vulkanik itu diketahui menyembur ke arah utara. Menurut data yang diperoleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), abu vulkanik itu meletus hingga ketinggian 1.500 meter.

Akibatnya sejumlah wilayah di arah utara Gunung Lokon tertutup abu vulkanik. Sebut saja Desa Tateli, Kabupaten Minahasa, yang tertutup debu setinggi lima centimeter.

"Debunya sangat banyak, pakaian yang kita gunakan jadi kotor semua, apalagi kalau kita pakai baju warna putih, kacau semua," jelas seorang warga, Allan, di Desa Tateli.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, abu vulkanik tersebut juga mengganggu para pengendara motor di ruas Jalan Trans Sulawesi. Atas kondisi tersebut, masyarakatpun diminta untuk terus waspada.

"Abunya sangat tebal, hitam lekat, jarak pandang di jalan saja sangat pendek, ini membahayakan. Ya menurut saya ini sangat mengganggu aktivitas warga," jelas seorang tukang ojek yang biasa melintas Jalan Trans Sulawesi, Ismail.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa letusan Gunung Lokon ini, namun warga diimbau tetap waspada dan tidak beraktivitas dalam radius dua koma lima meter dari Gunung Lokon.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4717 seconds (0.1#10.140)