Kirab budaya ramaikan HUT Klenteng Eng An Kiong

Sabtu, 07 September 2013 - 16:06 WIB
Kirab budaya ramaikan HUT Klenteng Eng An Kiong
Kirab budaya ramaikan HUT Klenteng Eng An Kiong
A A A
SIndonews.com - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 188 Klenteng Eng An Kiong, Malang, yang rangkaian acaranya dimulai hari ini, bakal diramaikan kirab budaya dari 32 klenteng seluruh tanah Jawa.

Kirab ritual dan budaya akan dilaksanakan pada Minggu 8 September 2013 besok. Sedangkan hari ini para tamu mulai berdatangan. Mereka akan dijamu dengan berbagai pertunjukan seni malam nanti.

Panitia HUT Klenteng Eng An Kiong, Bratayana Ongkowijaya mengatakan, peserta kirab akan keliling Kota Malang sejauh empat kilometer yang diikuti klenteng dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan dari Jawa Timur sendiri. "Kirab juga diikuti kelompok lintas agama di Kota Malang," kata Bratayana, Sabtu (7/9/2013).

Menurutnya, acara akbar semacam ini dilaksanakan tiga tahun atau lima tahun sekali. Semua kirab, ada acara ritual atau sembahyangan di klenteng, setelah itu peserta berjalan sambil membawa joli (tandu) yang berisi parasuci (shen ming). Peserta juga mengarak patung dewa (Kiem Siem) untuk ritual meruwat bumi.

Acara kirab juga diramaikan kesenian dari berbagai budaya seperti sakerahan, kuda lumping, tari blaganjur, barongsai dan leaong leong.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4001 seconds (0.1#10.140)