Kebakaran 2 hektare bukit sampah diduga disengaja

Selasa, 03 September 2013 - 14:03 WIB
Kebakaran 2 hektare...
Kebakaran 2 hektare bukit sampah diduga disengaja
A A A
Sindonews.com - Kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempa, Mojosongo, Solo, Jawa Tengah, dalam sepekan terakhir telah menghanguskan sedikitnya dua hektare perbukitan sampah. Diduga, kebakaran itu disengaja oleh pihak-pihak tertentu demi kepentingan ekonomi.

Lurah Mojosongo Jebres, Solo, Jawa Tengah, Agus Triyono mengatakan, warganya mencurigai aktivitas pemulung besi di TPA Putri Cempa setiap malam hari. Biasanya, para pemulung menyemut di perbukitan sampah sejak pagi sampai siang.

“Kalau gumpalan sampah terbakar, besi-besinya akan mudah diambil dengan magnet. Warga mengatakan, para pemulung besi ini nglimpekke. Membakar di beberapa titik saat sepi di malam hari,” kata dia, Selasa (03/9/2013).

Antisipasi pembakaran bukit sampah saat ini tergolong telat. Sedikitnya dua hektare lahan perbukitan hangus terbakar, dari area seluas 13 hektare.

Dengan hanya penanganan ala kadarnya, kebakaran sulit dipadamkan. Agus menambahkan, unit pemadam kebakaran (PMK) terpaksa didatangkan untuk mencegah kebakaran meluas ke perkampungan.

“Dari RW XXX, pak RW-nya mendesak didatangkan mobil pemadam karena khawatir api merembet ke rumah-rumah. Sebab, kebakaran itu sudah sampai ke pekarangannya,” ujarnya.

Pantauan Sindonews.com, hampir seluruh area Putri Cempa tertutup kabut asap. Personel Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) terlihat berjibaku dengan bara dan asap di tebing bukit sampah, untuk melokalisasi titik api.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0732 seconds (0.1#10.140)