Pasca kebakaran, Gunung Bulusaraung ditutup sementara

Minggu, 01 September 2013 - 19:53 WIB
Pasca kebakaran, Gunung Bulusaraung ditutup sementara
Pasca kebakaran, Gunung Bulusaraung ditutup sementara
A A A
Sindonews.com - Pasca terbakarnya puncak bayangan Gunung Bulusaraung, Desa Tompobulu, Kecamatan Balocci, kabupaten Pangkep, Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (Babul) menutup sementara pendakian ke gunung Bulusaraung.

Penutupan pendakian ini dikarenakan tim yang dibentuk Taman Nasional Babul masih bekerja. Penutupan itu untuk menjamin tidak ada implikasi dari kejadian kebakaran ini. Juga untuk memastikan tidak ada lagi orang yang berada di jalur.

"Kami akan menutup sementara akses menuju gunung Bulusaraung. Hal itu semata-mata untuk keamanan, "ungkap Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Bantimurung Bulu Saraung Dedy Asriadi kepada SINDO di puncak gunung Bulu Saraung, Minggu (1/9/2013).

Dia menjelaskan, akibat kebakaran tersebut, kerugian yang diakibatkan, tidak terlalu banyak. Apa lagi, pada kejadian itu dipastikan tidak ada korban jiwa. Sementara lokasi kejadian pun jauh dari pemukiman yang berkisar 2 km.

"Kerugian secara ekologi pasti ada. Apa lagi, ini terjadi kebakaran semak. Tapi untuk menhitung secara matematika sangat susah dijabarkan. Beruntung, kejadian ini tidak sampai merambah ke pohon," sebutnya.

Dedy menjelaskan, pasca kejadian kebakaran sabtu sore (31/8) sekira pukul 14.00 wita, tim dari Babul mengambil tindakan proses pemadaman. Sehingga dipastikan, hari ini tidak ada lagi titik api nyaris menyeberang ke leang-leang.

Lokasi kejadian itu di sekitar wilayah Pos 10 di puncak bayangan. Tingkat kebakaran angin bergerak Bulu paria kabupaten Maros. Penyebab kebakaran belum bisa dipastikan.

"Kami memastikan, api di puncak sudah padam. Isu yang mengatakan api telah menyebar dan mendekati wilayah leang-leang itu sudah tidak ada lagi," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6418 seconds (0.1#10.140)