Besok nyoblos Pilgub Jatim, sekolah diliburkan

Rabu, 28 Agustus 2013 - 11:18 WIB
Besok nyoblos Pilgub Jatim, sekolah diliburkan
Besok nyoblos Pilgub Jatim, sekolah diliburkan
A A A
Sindonews.com - Demi menggenjot partisipasi pemilih pada Pilgub Jatim, 29 Agustus 2013 besok ditetapkan sebagai hari libur.

Dengan penetapan hari libur itu maka tak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya.

Divisi Teknis Pemilihan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur Agus Mahfudz Fauzi mengatakan, hari libur tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri RI nomor 270-4819 tahun 2013 yang kemudian ditindak lanjuti dengan Surat Gubernur Jawa Timur nomor 131/14493/011/2013.

"Semua sekolah memang diliburkan, termasuk karyawan pabrik diliburkan. Sehingga sudah tidak ada alasan lagi sibuk tidak datang ke TPS," kata Agus, Rabu (28/8/2013).

Ia menjelaskan, keputusan libur untuk sekolah ini tidak hanya mereka yang memiliki hak pilih saja. Artinya, masuih berusia 18 tahun lebih.

Tapi untuk siswa SD dan SMP tetap diliburkan karena para guru juga harus datang ke TPS untuk memberikan hak pilih. Sementara untuk pabrik atau lembaga lainnya tergantung kebijakkan masing-masing lembaga.

"Artinya, memang sudah ada keputusan libur tapi ketika lembaga tersebut meminta untuk masuk boleh-boleh saja. Dengan catatan sudah menyertakan hak pilih di pilgub Jatim," jelasnya.

Meski demikian, kata Agus, KPU Jatim tidak bisa memberikan sanksi ketika ada perusahaan tetap memberikan jam kerja kepada para Karyawannya.

"Sanksi kita tidak bisa karena sudah ada dinas ketenagakerjaan," tambahnya.

Libur ini, kata Agus hanya pada tanggal 29 Agustus pada hari Kamis itu. Selanjutnya, tetap masuk seperti hari biasanya.

Sementara terkait persiapan pencoblosan, Agus mengaku KPU Jawa Timur sudah siap. Sejumlah logistik pemilukada sudah terdistribusi dan tidak ada masalah. Jika sebelumnya masih terdapat berbagai persoalan seperti Surat Suara maka hingga hari ini dipastikan sudah siap.

"Saya pastikan sudah siap. Besok sudah bisa melakukan pencoblosan. Hari ini kami akan rapat dengan Desk Pilkada," jelas Agus.

Pemilukada Jawa Timur ini digelar esok. ada empat pasangan calon yang bakal bertarung di Pilgub Jatim 2013. Pasangan nomer urut 1 Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa), Pasangan Nomer urut 2 Eggi Sudjana-m Sihat, Pasangan Nomer Urut 3 Bambang DH-Said Abdullah (Jempol), Pasangan Nomer urut 4 Khofifah-Herman (BerKaH).
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7587 seconds (0.1#10.140)