Hari tenang, Cagub Jatim kampanye di dunia maya

Senin, 26 Agustus 2013 - 12:06 WIB
Hari tenang, Cagub Jatim kampanye di dunia maya
Hari tenang, Cagub Jatim kampanye di dunia maya
A A A
Sindonews.com - Hari ini, tahapan Pemilukada Jawa Timur memasuki hari tenang. Pasangan cagub dan cawagub tidak diperbolehkan melakukan kampanye. Namun, tidak begitu di dunia maya.

Berdasarkan penelusuran wartawan, sejumlah akun resmi atau tidak, milik pasangan calon berkampanye di situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, hingga Youtube.

Untuk pendukung pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf, ada akun @ilovekarsa, @Karsakita, @relawankarsa, @Karsamudajatim. Untuk Akun @ilovekarsa ini, aktif dalam mengoceh di twiter, terlihat dari time line akun yang memiliki 918 follower itu.

Pendukung pasangan Bambang DH-Said Abdullah ada @bambangsaid, @Jatimjempol, @BDH-Said, @BangSaidJempol dan lain-lain. Kemudian, pendukung Khofifah-Herman ada akun @jatimberkah, @KhofifahIP, @dukung_khofifah, @bunda_khofifah, @jatimBERK4H dan lain-lain. Akun-akun tersebut yang meramaikan kicauan di twitter.

"Selamat Morning, Kawan2 twibs. Tetap semangat di hari Senin ini. 3 hari lgi coblosan ojo lalu nomer siji #PilgubJatim," tulis akun @ilovekarsa sekitar 3 jam yang lalu, Senin (26/8/2013).

Kemudian diakun @BangSaidJempol mengawali kicuannya dengan dengan sapaan. "Sambut senyuman mentari pagi dg hati gembira yg penuh keceriaan & diiringi semangat menggapai cita2. Pagi Tuips! Selamat Beraktivitas," tulis akun tersebut.

Kemudian akun @JatimBerkah yang disebut-sebut sebagai akun resmi pasangan Khofifah-Herman (BerKaH). Akun ini terlihat aktif seperti akun @ilovekarsa ocehanya di twitter. Hal itu terlihat dari timeline akun tersebut.

"@jetsilvers Sorry dulur, dimaklumin ya adminnya. suwon koreksinya dulur #KhofifahHerman4Jatim," ocehan terbaru akun @Jatimberkah sekitar 3 menit saat berinteraksi dengan sejumlah Twibs.

Tofan Ardi warga Kebraon, Surabaya mengaku, sejumlah akun-akun milik pasangan calon, pendukung, bahkan relawan, ini memang terlihat aktif memasukkan hari tenang ini. Menurutnya, fenomena ini sangat bagus, karena ada alternatif untuk pendidikan politik.

"Pilgub tahun ini memang ada media sosial yang lebih banyak dimanfaatkan daripada Pilgub tahun lalu. Tentu ini memberikan pendidikan politik bagi masyarakat. Sayangnya, KPU Jatim tidak menyambut fenomena itu sehingga dapat diprediksi massa mengambang masih banyak," kata pria yang berprofesi sebagai Web Desainer.

Dari sejumlah akun-akun tersebut hanya Pasangan Eggi Sudjana dan M. Sihat (BerES) yang tidak terlihat aktif disitus 140 karakter. Baik Eggi Sudjana, M. Sihat dan relawannya tidak memiliki akun twitter resmi.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5924 seconds (0.1#10.140)