Kecamatan Girimulyo ancam ambil alih kelola Kiskendo

Rabu, 21 Agustus 2013 - 16:53 WIB
Kecamatan Girimulyo ancam ambil alih kelola Kiskendo
Kecamatan Girimulyo ancam ambil alih kelola Kiskendo
A A A
Sindonews.com – Kondisi Goa Kiskendo di Desa Jatimulyo, Girimulyo makin memprihatinkan. Minimnya perhatian Pemkab membuat pemerintah kecamatan gerah dan mengancam akan mengambil alih pengelolaan obyek wisata tersebut.

Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Girimulyo Supriyono mengatakan, dinas terkait tidak serius mengelola obyek wisata itu. Akibatnya potensi yang ada tidak dapat dimaksimalkan.

Untuk menyelamatkannya, kecamatan, desa dan warga setempat memantapkan koordinasi untuk mengelola goa itu.

"Warga dan Pemdes sangat mendukung langkah kami. Kami yakin kalau optimal mengelolanya Kiskendo bisa menjadi potensi wisata menggiurkan, daripada dibiarkan terbengkalai seperti sekarang ini," kata Supriyono, Rabu (21/8/2013).

Goa Kiskendo, kata dia, dapat dijadikan maskot bagi pariwisata di Girimulyo. Terlebih beberapa desa di wilayah ini telah memiliki potensi desa wisata. "Di sini kan juga ada Goa Silodo. Potensinya menjanjikan tapi tergarap juga ada Goa Maria Lawangsih di Purwosari," terangnya.

Dia mengaku kagum atas keberhasilan Kartel Nanggulan dalam menata potensi Goa Maria Lawangsih secara mandiri. Sehingga kini wujudnya jauh lebih baik ketimbang Kiskendo. Keberhasilan itu kemudian menginspirasi pihak kecamatan untuk ambil peran mengelola Kiskendo.

“Kami yakin bersama warga bisa lebih optimal sehingga Kiskendo bisa terselamatkan dan tetap eksis setiap harinya, tidak hanya momen tertentu saja. Kalau hanya menunggu dinas terkait sepertinya sepertinya mustahil,” terangnya.

Anwar (50) seniman pembuat relief di Kiskendo merasa prihatin dengan kondisi goa itu. Tidak terurusnya objek wisata itu membuat hasil karyanya kini tidak indah dipandang lagi.
Kini relief-relief itu rusak dengan sendirinya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.9011 seconds (0.1#10.140)