BPBD KBB: Korban tewas longsor Gunung Halu 3 orang

Jum'at, 16 Agustus 2013 - 17:03 WIB
BPBD KBB: Korban tewas longsor Gunung Halu 3 orang
BPBD KBB: Korban tewas longsor Gunung Halu 3 orang
A A A
Sindonews.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Maman Sulaeman, menyatakan korban tewas akibat longsor yang terjadi di Gunung Halu berjumlah tiga orang.

Menurutnya, ketiga korban tewas tersebut adalah Saep (60), Agus (45) dan Jana (35). Longsor sendiri terjadi di Kampung Cianting, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Menurut Maman, ketiga korban tewas tersebut tertimpa longsoran saat sedang melakukan penggalian tebing untuk mengalirkan air ke sawah. Nahas, saat proses penggalian justru terjadi longsor.

Dua orang ditemukan terkubur longsoran pada ketinggian dua meter. Sedangkan satu orang ditemukan dalam ketinggian 10 meter.

"Kejadian longsor kemungkinan tadi malam. Tapi baru diketahui sekira pukul 04.00 WIB," ujar Maman saat dihubungi, Jumat (16/8/2013).

Saat itu, keluarga para korban mencari tiga orang tersebut karena tidak kunjung pulang ke rumah. Setelah keluarga korban tiba di lokasi penggalian, yang terlihat justru gundukan tanah seluas 20 meter x 1,5 meter.

Proses pencarian para korban lalu dilakukan petugas BPBD. Tiga korban ditemukan tertimbun dan sudah tidak bernyawa. "Jenazah para korban sudah dibawa pihak keluarga dan sudah dimakamkan," jelas Maman.

Ia memastikan, tidak ada korban lain dalam peristiwa itu. Bahkan rumah warga juga tidak ada yang tertimbun. "Jarak lokasi (longsor) ke rumah warga sekira 20 meter. Tidak ada rumah yang tertimbun," katanya.

Disinggung penyebab longsor, Maman menduga hal itu terjadi karena adanya proses penggalian. Apalagi sebelumnya, kawasan sekitar sempat diguyur hujan. "Daerah itu juga termasuk daerah yang pergerakan tanahnya tinggi," pungkasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6920 seconds (0.1#10.140)