Ratusan napi anak Blitar terjerat kasus asusila

Jum'at, 16 Agustus 2013 - 01:15 WIB
Ratusan napi anak Blitar...
Ratusan napi anak Blitar terjerat kasus asusila
A A A
Sindonews.com - Separuh lebih dari 223 penghuni Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar adalah anak-anak yang terlilit kasus pelanggaran asusila.

Para bocah ini rata-rata menjalani hukuman 2-3 tahun penjara atas perbuatan pencabulan, pelecehan seksual dan persetubuhan.

"Total penghuni yang terjerat kasus seksual sebanyak 153 bocah. Selebihnya karena kasus kriminal pencurian, narkoba, penipuan dan pembunuhan," terang Kepala Lapas Anak Blitar Kusmanto Eko Putro kepada wartawan, Kamis (15/8/2013).

Berdasarkan kajian sosiologis dan psikologis, tingginya kasus asusila dipengaruhi tingkat perkembangan teknologi.

Menurut Eko, selain internet, akses tayangan cabul atau porno melalui teknologi ponsel menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kasus asusila pada anak. Di luar itu, pergaulan bebas juga turut menyumbang angka kasus asusila pada anak.

"Karenanya masyarakat, khususnya para orang tua untuk memperhatikan hal ini. Pengawasan intensif pada anak harus selalu ditingkatkan, " imbaunya.

Dalam kesempatan itu, Eko juga menambahkan, meski anak-anak berstatus sebagai napi, pihak lapas memberikan perlakuan khusus. Yakni terutama pada masalah pendidikan.

"Mereka semua memperoleh pendidikan sesuai dengan jenjangnya masing-masing, termasuk juga penyetaraan pendidikan," pungkasnya.

Sementara menanggapi hal itu anggota DPRD Kabupaten Blitar M Ansori berharap semua anak penghuni lapas anak tersebut masih memiliki kesempatan meraih masa depanya. Karenanya, apa yang menjadi haknya, pemerintah harus memberikanya.

"Semuanya memiliki hak yang sama untuk masa depan seperti halnya anak-anak pada umumnya. Khususnya terkait pendidikan," ujarnya singkat.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)