Mahasiswa Papua Solo dukung Papua Barat gabung MSG

Kamis, 15 Agustus 2013 - 13:20 WIB
Mahasiswa Papua Solo dukung Papua Barat gabung MSG
Mahasiswa Papua Solo dukung Papua Barat gabung MSG
A A A
Sindonews.com - Aliansi Mahasiswa Papua menggelar aksi unjukrasa di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng). Mereka menuntut merdeka dan diberi kebebasan dan menentukan nasibnya sendiri tanpa intimidasi dari Pemerintah Indonesia.

Aksi yang dilakukan di kawasan Gladag, Kota Solo itu, sekaligus dimaksudkan untuk mengingatkan kepada masyarakat terkait Perjanjian New York pada 15 Agustus 1962 antara Belanda dan Indonesia terkait sengketa wilayah West New Guinea atau Papua Barat.

Perjanjian itu dilakukan tanpa keterlibatan satupun wakil dari rakyat Papua. Padahal perjanjian itu berkaitan dengan keberlangsungan hidup rakyat Papua.

Dalam aksi tersebut, mereka juga menyoroti berbagai kasus pelanggaran HAM di Papua, serta berbagai tuntutan mereka kepada pemerintah Indonesia.

"Kami mendesak pemerintah Indonesia untuk membuka ruang demokrasi dan memberikan hak menentukan nasib sendiri sebagai solusi demokratis bagi rakyat Papua," jelas seorang orator, Kamis (15/8/2013).

Dalam orasinya, mereka menyebutkan juga akan mendukung sikap negara - negara rumpun Melanesia, untuk menjadikan Papua Barat, sebagai anggota Melanesian Spearhead Groups (MSG).

Aksi ini sendiri berbeda dengan aksi sebelumnya. Dimana, aksi sebelumnya mereka membawa gambar - gambar Bintang Kejora.

Aksi yang berlangsung dengan pengawalan ketat ini berjalan damai. Mereka juga membagikan pamflet kepada pengguna jalan yang melintas di Jalan Slamet Riyadi Solo. Usai membacakan pernyataan sikapnya, mereka kemudian membubarkan diri.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4741 seconds (0.1#10.140)