Rokatenda meletus, pemerintah anggarkan Rp14 M

Senin, 12 Agustus 2013 - 09:28 WIB
Rokatenda meletus, pemerintah anggarkan Rp14 M
Rokatenda meletus, pemerintah anggarkan Rp14 M
A A A
Sindonews.com - Pemerintah mengalokasikan dana lebih dari Rp14 miliar untuk merelokasi ribuan warga korban letusan Gunung Rokatenda yang berada di kawasan zona merah.

Sekira 3.000 warga yang tinggal di lima desa di Kecamatan Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai diungsikan.

"Mereka yang diungsikan adalah yang berada di sekitar zona merah kawasan Gunung berapi Rokatenda. Kepada para pengungsi pemerintah juga sudah sediakan uang relokasi senilai Rp14 miliar lebih," ujar Kepala BNPB NTT, Tini Tadeus kepada wartawan, Senin (12/8/2013).

Tadeus mengatakan para pengungsi korban letusan gunung sebagian diantaranya berada di Kabupaten Ende sedangkan lainnya berada di Kabupaten Sikka Maumere.

Mengenai jumlah pengungsi, Tadeus juga belum bisa merincikan secara riil pada dua daerah tersebut. Alasannya para petugas sedang melakukan pendataan pada lokasi pengungsian.

Seperti diberitakan Gunung Rokatenda meletus pada Sabtu, 10 Agustus sekira pukul 04.27 Wita. Enam orang tewas tersapu lahar panas dalam peristiwa itu. Sehari sebelumnya, mereka menolak direlokasi oleh petugas pemerintahan.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6605 seconds (0.1#10.140)