Ratusan kartu BLSM dikembalikan

Jum'at, 02 Agustus 2013 - 17:22 WIB
Ratusan kartu BLSM dikembalikan
Ratusan kartu BLSM dikembalikan
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya 194 kartu Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) untuk wilayah Kota Blitar dikembalikan (retur) ke kantor Pos. Selain alasan meninggal dunia, sejumlah nama yang gagal menerima ini telah pindah rumah dan beberapa diantaranya memang tidak layak menerima.

“Para petugas menerima pengembalian dari keluarga yang bersangkutan,“ ujar Satgas BLSM Kantor Pos Blitar Wahyu R Wibowo kepada wartawan, Jumat (2/8/2013).

Khusus untuk penerima dengan status meninggal dunia, BLSM masih bisa dialihkan kepada ahli waris atau keluarga yang bertempat tinggal serumah dengan penerima. Menurut Wahyu, kantor pos tetap akan menyalurkan apa yang menjadi hak penerima BLSM.

“Namun tentunya siapa yang menggantikan penerimaan ini harus berdasarkan keputusan rapat keluarga bersangkutan. Sebab jangan sampai dikemudian hari muncul permasalahan,“ terangnya.

Seperti yang tercatat, hingga akhir Juli 2013, penyerapan BLSM dari 4.555 Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Kota Blitar mencapai 95,24 persen. Sementara di Kabupaten Blitar, distribusi BLSM untuk 72 ribu jiwa lebih masih terserap 91,42 persen.

Ada beberapa daerah yang belum terdistribusi seluruhnya, karena faktor kesiapan teknis di lapangan. “Untuk jumlah yang kembali, karena alasan meninggal dunia, pindah alamat, atau tidak layak menerima masih dalam penghitungan,“ terangnya.
Sesuai ketentuan pemerintah, program BLSM ini akan berjalan hingga akhir Desember 2013.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Blitar M Ansori meminta semua petugas terkait untuk tidak lip service. Sebab dana yang digelontorkan pemerintah merupakan hak rakyat yang harus diberikan secara benar.

“Jangan sampai terjadi kasus warga mampu mendapatkan sementara yang tidak mampu justru tertinggal," terangnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6137 seconds (0.1#10.140)