DKPP menangi Khofifah, Nahdliyin jangan euforia

Kamis, 01 Agustus 2013 - 12:06 WIB
DKPP menangi Khofifah, Nahdliyin jangan euforia
DKPP menangi Khofifah, Nahdliyin jangan euforia
A A A
Sindonews.com - Kaum Nadliyin Jawa Timur disarankan tidak berlebihan dalam merespon kemenangan gugatan Khofifah Indar Parawansa ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Sebaliknya, daripada mengekspresikan suka cita dengan cara yang berlebihan, seperti cukur kumis atau lainnya, Nahdliyin disarankan menggelar doa bersama atau istighosah.

Imbauan ini disampaikan Adhie Massardi, Juru bicara Presiden era KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dalam rilis yang dikirimkan kepada Sindonews, Kamis (1/8/2013).

Menurutnya, istighosah merupakan ungkapan syukur di negeri ini masih ada DKPP yang berani menguak awan hitam yang menyelimuti langit demokrasi di Jawa Timur.

“Sebab tidak mudah bagi kaum Nahdliyin memenangi pertarungan di tengah belantara demokrasi yang dikendalikan hegemoni kekuasaan, tipu muslihat, dan uang. Hal yang demikian itu hanya bisa dikalahkan oleh kekuasan yang lebih besar, tipu muslihat yang lebih memperdaya, dan uang yang lebih banyak. Sayangnya, tiga hal itu sama sekali tidak dimiliki kaum Nahdliyin," katanya.

Inisiator Gerakan Masyarakat Sipil untuk Pemilu Bersih ini menawarkan jurus yang pernah digunakan Gus Dur dalam memenangi pertarungan melawan rezim Orde Baru. Yaitu membangun kekuatan yang nyata, memelihara semangat dan militansi, tetap melangkah di jalan Allah, sabar serta tawakal.

“Nah, semua itu bisa termanifestasikan dalam istighosah,” katanya.

Seperti diberitakan, DKPP memulihkan hak konstitusional Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Khofifah Indar Parawansa untuk mencalonkan diri sebagai calon gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tingkat gubernur di Jawa Timur.

Dalam Pilkada Jawa Timur mendatang, Khofifah akan berpasangan dengan mantan Kapolda Jawa Timur Herman Suryadi Sumawiredja sebagai calon wakil gubernur.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6591 seconds (0.1#10.140)
pixels