Bencana Way Ela, tanggap darurat 14 hari

Jum'at, 26 Juli 2013 - 15:21 WIB
Bencana Way Ela, tanggap darurat 14 hari
Bencana Way Ela, tanggap darurat 14 hari
A A A
Sindonews.com - Jebolnya Bendungan alam Way Ela di Maluku Tengah membuat Gubernur Maluku menetapkan masa tanggap darurat selama 14 hari (25 Juli - 8 Agustus 2013).

Selama masa tanggap darurat, fokus utama adalah pencarian korban hilang dan pemberian bantuan kebutuhan dasar bagi para pengungsi.

"Sesuai arahan Presiden agar semua kebutuhan dasar pengungsi, seperti makanan, sandang, shelter, kesehatan, sanitasi, dan penerangan dipenuhi semua. Untuk itu, pukul 14.00 WIT ini, telah mendarat 2 pesawat Hercules TNI AU yang membawa bantuan logistik dan peralatan dari Presiden sebanyak 26 ton yang terbang langsung dari Lanud Halim PK," jelas Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Maarif, di lokasi bencana, Kamis (26/7/2013).

Sementara itu, menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, kebutuhan yang diperlukan mendesak saat ini adalah tenda keluarga, tenda pengungsi, selimut, matras, sandang, permakanan, peralatan dapur, sarung, mukena.

"Kondisi di pengungsian hampir tiap hari hujan deras karena bulan Juli adalah puncak musim penghujan di Maluku," jelasnya.

Hujan deras tersebut dikatakan Sutopo diakibatkan anomali suhu muka air laut yang lebih hangat menyebabkan hujan deras. Tentu cuaca demikian akan berpengaruh pada pengungsi.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.4250 seconds (0.1#10.140)