Bendungan Way Ela jebol, 5.227 warga dievakuasi

Kamis, 25 Juli 2013 - 12:20 WIB
Bendungan Way Ela jebol, 5.227 warga dievakuasi
Bendungan Way Ela jebol, 5.227 warga dievakuasi
A A A
Sindonews.com - Bendungan Way Ela, Maluku Tengah jebol. Akibatnya sebanyak 5.227 jiwa masyarakat Negeri Lima terpaksa harus dievakuasi ke desa sekitarnya yang lebih aman.

Jebolnya bendungan tersebut terjadi pagi tadi sekira pukul 10.30 Wit. Jebolnya bendungan tersebutpun tidak semua, melainkan sebagian bendungan saja.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jebolnya bendungan tersebut diakibatkan tekanan volume air di bendungan yang makin meningkat. Ditambah hujan terus turun mengguyur wilayah tersebut.

"Masyarakat di sekitar Way Ela tetap diminta siaga karena curah hujan masih tinggi. Tipe iklim di Maluku adalah tipe lokal yang dipengaruhi oleh perairan sekitar Maluku sehingga puncak hujan terjadi pada Juli," jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Menurutnya, Kepala BNPB, Syamsul Maarif, juga telah memerintahkan pengiriman bantuan logistik berupa tenda pengungsi, tenda pengungsi, permakanan, sandang dan lainnya sebanyak 15 ton dengan mengerahkan 2 pesawat Hercules TNI-AU.

"Tim BNPB juga dikirim untuk memberikan pendampingan penanganan bencana tersebut," jelasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9507 seconds (0.1#10.140)