Proyek bendungan Rp550 M usir 40 KK

Sabtu, 20 Juli 2013 - 03:01 WIB
Proyek bendungan Rp550 M usir 40 KK
Proyek bendungan Rp550 M usir 40 KK
A A A
Sindonews.com - Proyek pembangunan waduk (bendungan) di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek bakal "mengusir" 40 kepala keluarga yang bertempat tinggal di sana.

Menurut Plt Camat Tugu Totok Rudianto selaku perwakilan Pemkab Trenggalek, sosialisasi kepada para KK telah dilakukan.

"Sebab para warga ini terdampak langsung dari pembangunan bendungan. Tempat tinggal mereka berada di lokasi pembangunan, "ujarnya kepada wartawan, Jumat (19/7/2013).

Untuk proyek yang dijadwalkan dimulai akhir tahun 2013, pemerintah menyediakan dana sebesar Rp550 miliar. Anggaran yang tidak kecil tersebut bersumber dari APBN dan APBD.

Totok mengakui 40 KK belum sepenuhnya menyepakati lokasi yang disediakan. Ada beberapa opsi yang ditawarkan, termasuk di antaranya tanah bengkok desa.

"Prinsipnya relokasi ini diikuti kompensasi, termasuk memberikan biaya akomodasi. Jika memang masih ditentang, kami meminta warga untuk berembuk dulu, "jelasnya.

Dalam hal ini pemkab juga memberikan kelonggaran kepada warga untuk memutuskan keinginannya sendiri.

Sebab pembangunan bendungan sebagai sarana pencegah musibah alam (banjir) serta irigasi pertanian tidak bisa dibatalkan.

"Yang terpenting semua bisa berjalan dengan baik. Bagi kami hal yang wajar jika terjadi penentangan pada wacana yang baru digulirkan, "paparnya.

Menanggapi hal itu Fatkul Hadi salah seorang aktivis sosial Trenggalek menuntut pelaksanaan pembangunan tidak merusak hajat hidup masyarakat.

"Jangan sampai apa yang sudah menjadi hak masyarakat dilanggar. Itu akan menimbulkan permasalahan di kemudian hari, "ujarnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7839 seconds (0.1#10.140)
pixels