Enam bulan terakhir, 42 nyawa melayang di Jalinsum

Jum'at, 19 Juli 2013 - 16:23 WIB
Enam bulan terakhir,...
Enam bulan terakhir, 42 nyawa melayang di Jalinsum
A A A
Sindonews.com - Selama enam bulan terakhir, angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Kabupaten Musi Rawas (Mura) meningkat. Laka lantas didominasi di akses Jalan Lintas Sumateta (Jalinsum), Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Pada triwulan pertama ditahun 2013, korban laka lantas mencapai 42 orang meninggal dunia dan 16 kasus tengah dalam penyidikan oleh Unit Laka Kepolisian Resor (Polres) Mura.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kabupaten Mura, AKBP Chaidir melalui Kasat Lantas, AKP Donny Malino Manopo didampingi Kanit Laka, Iptu Bagus, mengatakan korban yang meninggal laka lantas tersebut akibat 70 kejadian laka lantas. Dan itu terjadi di semester pertama atau enam bulan pertama tahun 2013. Tiga kasus diantaranya adalah tabrak lari.

Sedangkan jumlah korban luka berat (luber) sebanyak 23 orang dan luka ringan (luring) 62 orang, dengan kerugian material yang terjadi akibat kecelakaan Rp702 juta.

"Mayoritas laka lantas yang terjadi di Jalinsum Muratara karena jalur yang lurus diduga bukan dikarenakan supir ngantuk, namun karena tabrakan kendaraan akibat mendahului kendaraan yang di depannya," ujar Bagus, Jumat (19/7/2013).

Menurutnya, kecelakaan juga karena kelalaian pengendara yang ugal-ugalan saat mengendarai kendaraan, sehingga tidak memperhatikan faktor keselamatan di jalan raya. Sedangkan, laka lantas yang melibatkan sepeda motor, rata-rata tidak melengkapinya dengan perlengkapan keselamatan. Ditambah, tidak adanya trafic light di lokasi Jalinsum tersebut.

Berbagai langkah sudah dilakukan untuk menekan dan meminimalisir kasus laka lantas. Mulai dari sosialisasi ke sekolah, memasang baleho disetiap jalan yang ada. Apalagi sebentar lagi mudik lebaran pihaknya berharap jika sedang mengendarai kendaraan pastikan kondisi fisik benar-benar prima.

"Semua dimulai dari kesiapan pengemudi, dan kendaraan yang digunakan," tegas Bagus.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Kadishubkominfo) Mura, Ari Narsa, menjelaskan pihaknya sudah memasang ratusan rambu-rambu lalu lintas di beberapa titik akses Jalinsum. Pemasangan rambu-rambu itu untuk zero accident kecelakaan lalu lintas.

"Kita sudah memasang rambu-rambu seperti tikungan dan hati-hati disekitaran akses jalinsum, khususnya dikawasan Rupit yang trek jalannya lurus dan rambu yang dipasang untuk pemandu dalam menjalankan kendaraan tidak hanya siang tetapi malam hari," pungkasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7924 seconds (0.1#10.140)