PKPU dirikan cabang di Riau

Rabu, 17 Juli 2013 - 23:47 WIB
PKPU dirikan cabang di Riau
PKPU dirikan cabang di Riau
A A A
Sindonews.com - Lembaga Kemanusiaan dan Amil Zakat Nasional PKPU siap menggarap potensi zakat di Pekanbaru. Sebagai bentuk kesiapan itu, PKPU terus meluaskan wilayah pelayanannya di kawasan Sumatera.

Setelah membuka 5 kantor cabang di Sumatera yaitu Aceh, Medan, Padang, Bukittinggi dan Bengkulu, pada Rabu 17 Juli 2013, PKPU meresmikan pembukaan kantor cabang Riau di Kota Pekanbaru. Pembukaan kantor cabang Riau ini, bertepatan dengan momen bulan puasa Ramadan 1434 H yang merupakan masa puncak umat Islam menunaikan zakat, infak, dan sedekah.

Kehadiran PKPU cabang Riau di Kota Bertuah, ini mendapat sambutan hangat baik dari Pemerintah Provinsi Riau, Pemkot Pekanbaru, serta masyarakat. Karena, dengan hadirnya PKPU tersebut akan makin memperkuat pengelolaan potensi zakat di daerah.

Apalagi, Riau telah menjadi wilayah pusat pertumbuhan ekonomi yang tergolong pesat di kawasan Sumatera. Sehingga, harus diimbangi dengan keberadaan lembaga zakat yang profesional dalam membantu pengelolaan zakat dari kalangan muzaki.

"Hadirnya PKPU Riau merupakan jawaban atas tuntutan masyarakat yang merindukan hadirnya lembaga amil zakat terpercaya dan profesional. Dari pengalaman selama 13 tahun berdiri, PKPU telah mampu memberikan kontribusi melalui program-program pemberdayaan yang tersebar dari Aceh hingga ke Papua," ujar Presiden Direktur PKPU Agung Notowiguno, Rabu (17/7/2013).

Ditambahkan dia, potensi zakat di Indonesia mencapai Rp217 triliun pertahunnya. Jumlah itu, sangat besar dampaknya pada pemberdayaan ummat. Namun sayang, yang tergarap baru sekitar 2-3 persen saja.

"Meski jumlah capaian itu relatif masih sedikit, hal menggembirakan adalah dengan terus tumbuh dan berkembangnya kesadaran masyarakat dalam menunaikan zakatnya melalui lembaga amil zakat," tukasnya.

Peresmian kantor PKPU cabang Riau di Kota Pekanbaru, ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau diwakili oleh Kabid Politik Kesbanglinmaspol Ferry Yusnaldi, Direktur Kemitraan Nana Sudiana, Kepala Regional Sumatera Faridansyah, dan Kepala Cabang PKPU Riau Rahmad.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5055 seconds (0.1#10.140)