Makanan berbahaya ditemukan di Pasar Simpang Dago

Rabu, 17 Juli 2013 - 12:10 WIB
Makanan berbahaya ditemukan di Pasar Simpang Dago
Makanan berbahaya ditemukan di Pasar Simpang Dago
A A A
Sindonews.com - Sejumlah makanan berbahaya ditemukan saat Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) Bandung menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Simpang Dago, Kota Bandung, Jawa Barat.

Penyidik Balai Besar POM Bandung, Alfajri Anwar mengatakan, dari 23 sampel makanan yang diteliti, enam di antaranya dinyatakan positif mengandung bahan berbahaya.

"Enam makanan itu masing-masing sekoteng (mengandung rhodamin), ikan teri medan (mengandung formalin), terasi merah (mengandung rhodamin), mie basah (mengandung borax dan formalin), dan beras (mengandung chlorine atau pemutih)," jelas Alfajri,Rabu (17/7/2013).

Sidak yang dilakukan merupakan langkah prevenif untuk mencegah maraknya peredaran makanan yang mengandung bahan berbahaya. Dalam sidak kali ini, Balai Besar POM juga melibatkan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Soal adanya temuan makanan berbahaya, Alfajri mengatakan pihaknya menyampaikan hasilnya ke penjual dan meminta tidak menjual barang yang sama.

"Selanjutnya kita serahkan ke PD Pasar sebagai pengelola pasar untuk melakukan pengawasan dan mengimbau pedagang di sini agar lebih berhati-hati menjual makanan," jelasnnya.

Sementara setelah sidak di Pasar Simpang Dago, tim kembali bergerak ke sejumlah lokasi lain di Kota Bandung. Fokus dari sidak kali ini adalah memeriksa pangan dan parcel
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0340 seconds (0.1#10.140)