Balon Wabup independen hijrah ke Gerindra

Selasa, 16 Juli 2013 - 17:08 WIB
Balon Wabup independen hijrah ke Gerindra
Balon Wabup independen hijrah ke Gerindra
A A A
Sindonews.com - Yudhotomo, bakal calon Wakil Bupati Magelang lewat jalur independen mengundurkan diri dan hijrah mendaftar melalui koalisi Gerindra-PKNU. Seorang yang berprofesi sebagai pengusaha ini telah menjalani tes wawancara di Kantor DPC Gerindra Kabupaten Magelang.

Divisi Sosialisasi dan Penghitungan Suara (Penghitsu) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang, Yasir Arafat mengatakan, pihaknya telah menerima tembusan surat pengunduran diri Yudhotomo selaku bakal calon Wakil Bupati Magelang. Surat tembusan pengunduran diri tersebut, paparnya, tertanggal 14 Juli 2013.

"Surat itu sebenarnya ditujukan kepada Handoko bakal calon Bupati, yakni pasangannya. Sedangkan ke KPU hanya tembusan saja," katanya, Selasa (16/7/2013).

Dijelaskannya, surat pengunduran diri Yudhotomo saat pihaknya masih berstatus bakal calon. Sebab, pendaftaran resmi calon Bupati dan Wakil Bupati Magelang dibuka 22-28 Juli nanti.

Sejauh ini, pihaknya masih belum menentukan langkah terkait persoalan tersebut. Saat ini Ketua KPU Kabupaten Magelang Makmum Rohmatullah, Divisi Pencalonan dan Hukum Reni Puji Astuti sedang mengkonsultasikan persoalan ini kepada KPU pusat.

"Kami belum tahu nantinya akan bagaimana. Apalagi terkait dengan klarifikasi syarat dukungan akan dilanjutkan atau tidak. Intinya kami masih menunggu hasil dari pusat," paparnya.

Sementara Ketua Tim Penjaringan Bupati Gerindra-PKNU, Soeharno menyampaikan, Yudhotomo merupakan pendaftar calon Bupati susulan setelah Dwi Agus Indarjo (pensiunan PNS) tidak memenuhi syarat administrasi melaui Gerindra-PKNU.

"Setelah persoalan Pak Dwi Agus kami konsultasikan ke DPD Jateng, akhirnya disepakati dilakukan pembukaan pendaftaran lagi. Daftarlah Pak Yudhotomo, dan lolos syarat administratif," ujarnya.

Disinggung mengenai latar belakang Yudhotomo yang sebenarnya sudah maju lewat jalur independen, Soeharno mengaku tidak keberatan. Menurutnya, itu merupakan kemauan Yudhotomo sendiri.

"Kami menghormati keputusan beliau untuk maju lewat Gerindra," tambahnya.

Tes wawancara bakal calon Bupati Magelang lewat Gerindra-PKNU diikuti enam bakal calon tersebut adalah Haiban Hajid (Ketua DPC Gerindra), Indra Gunawan dari PKPB, Kyai Dahlan (Kota Magelang), Seri Herlambang (mantan kades),Kolonel purnawirawan Gunawan Sumantri (Temanggung) dan Yudhotomo.

Suharno menjelaskan bahwa wawancara dilakukan untuk mendalami visi misi masing-masing kandidat serta kesiapan mereka dalam menghadapi Pemilihan Bupati Magelang pada bulan Oktober mendatang.

Dalam sesi wawancara tersebut para bakal calon ditanyakan tentang visi dan misi mereka dalam membangun Kabupaten Magelang, program kerja, pemetaan wilayah, tim pemenangan dan lainnya.

"Wawancara ini untuk mendalami masing-masing bakal calon bupati," kata Suharno.

Hasil wawancara tersebut akan dibuat laporan untuk disampaikan kepada DPD Gerindra Jawa Tengah. Selanjutnya dikirim ke DPP.

"Semua keputusan ada di tangan DPP," tandasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6728 seconds (0.1#10.140)
pixels