Kemenkum HAM utamakan keselamatan petugas lapas

Jum'at, 12 Juli 2013 - 11:43 WIB
Kemenkum HAM utamakan keselamatan petugas lapas
Kemenkum HAM utamakan keselamatan petugas lapas
A A A
Sindonews.com - Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Akbar Hadi menegaskan, keselamatan para narapidana dan petugas lapas tetap diutamakan. Hal itu menyusul kerusuhan yang terjadi di Lembaga Pemasrakatan (LP) Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara.

"Kami memprioritaskan keselamatan napi dan petugas, dan segera menyiapkan tempat aman bagi mereka," kata Akbar melalui pesan singkatnya kepada wartawan.

Tak hanya keselamatan para penghuni lapas, Kemenkumham juga berharap kebakaran yang terjadi tidak menimpa warga sekitar, sehingga keselamatan warga juga diperhatikan.

"Kami juga utamakan keamanan masyarakat sekitar LP. Untuk itu, kami bekerjasama dengan kepolisian untuk mengisolasi kemungkinan napi yg melarikan diri," tukasnya.

Mengenai pengamanan lapas, Kemenkumham sudah berkoordinasi dengan kepolisian Medan, Sumatra Utara. "Kalapas sudah berkoordinasi dengan pihak pengamanan setempat," pungkasnya.

Seperti diberitakan, kebakaran yang terjadi di LP Tanjung Gusta, ternyata bukan diakibatkan oleh korsleting listrik. Kebakaran diduga sengaja, dilakukan oleh tahanan untuk menghalangi polisi masuk ke dalam lapas.

Akibat kericuhan ini diduga 300 napi melarikan diri dengan menjebol tembok belakang lapas. Para tahanan yang kabur berasal dari tahanan kriminal hingga tahanan teroris.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3561 seconds (0.1#10.140)