Usai rehabilitasi, 6 lutung kelahiran Inggris tiba di Batu

Kamis, 11 Juli 2013 - 15:02 WIB
Usai rehabilitasi, 6 lutung kelahiran Inggris tiba di Batu
Usai rehabilitasi, 6 lutung kelahiran Inggris tiba di Batu
A A A
Sindonews.com - Setelah menjalani rehabilitasi dan adaptasi selama lima bulan di Pusat Rehabilitasi Primata, Bandung, enam ekor lutung Jawa hasil pengembangbiakan Taman Satwa Port Lympne dan Kebun Binatang Howletts, Inggris, tiba di Pusat Rehabilitasi Lutung Jawa, Javan Langur Center (JLC), di kawasan Coabn Talun, Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (11/7/2013).

Project Manager JLC, Iwan Kurniawan, mengatakan, enam lutung jawa ini merupakan anakan dari pasangan Lutung Jawa hasil pertukaran dengan Kebun Binatang Ragunan Jakarta.

Setelah tiba di JLC, Keenam lutung dibagi dalam tiga kelompok berbeda, mereka dicampur dengan individu lain yang berada di JLC.

"Dipisahkan untuk memperbaiki genetika, jika disatukan dalam kelompok khawatir terjadi perkawinan sedarah yang bakal menghasilkan anakan yang cacat dan tertular penyakit," katanya, Kamis (11/7/2013).

Menurutnya, proses rehabilitasi dan sosialiasi kelompok lutung antara dua bulan sampai satu tahun tergantung masing-masing individu. Selanjutnya, mereka akan menjalani proses pelatihan untuk dipersiapkan kembali di hutan.

Adaptasi pakan alam seperti dedaunan, serangga, tangai, buah-buahan yang tersedia di alam. Selain itu, juga dilatih untuk membuat sarang dan beraktivitas di alam bebas.

Total lutung jawa di JLC kini menjadi 12 ekor lutung yang terbagi dalam empat kelompok. Satu kelompok yang terdiri dari lima individu direncanakan bakal dilepas di hutan lindung Coban Talun, akhir 2013 mendatang.

Kepala Resor Balai Konservasi Sumber Daya Alam Malang-Batu, Dedi Sudiana, mengatakan, turunnya populasi lutung di alam karena maraknya perburuan untuk diambil daging maupun diperdagangkan menjadi satwa peliharaan.

"Sejak tahun 2.000 an terjadi perburuan sehingga populasi lutung merosot," ujarnya.

Menurutnya, Lutung Jawa tersebar di kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo, Hutan Lindung Coban Talun, dan Cangar.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6566 seconds (0.1#10.140)