KMP Dharma Kartika I kandas menghantam karang

Kamis, 11 Juli 2013 - 12:34 WIB
KMP Dharma Kartika I kandas menghantam karang
KMP Dharma Kartika I kandas menghantam karang
A A A
Sindonews.com - Kapal Motor Penumpang (KMP) Dharma Kartika I yang bertolak dari Pelabuhan Bajoe Bone, Sulawesi Selatan, hendak menuju Pelabuhan Kolaka, Sulawesi Tenggara, kandas di perairan Teluk Bone.

Akibatnya, kapal yang mengangkut 214 orang tersebut, terpaksa harus kembali ke Pelabuhan Bajoe, setelah berlayar selama satu jam dengan jarak tempuh 6 mil dari pelabuhan.

Asril, salah seorang penumpang mengaku sangat panik saat kapal oleng dan miring. KMP Dharma Kartika I sudah dua kali kandas pada tahun ini. Sebelumnya. pada 25 Januari 2013, kapal ini juga mengalami kandas di tempat yang sama.

Hingga kini, penyebab pasti kandasnya kapal tersebut belum diketahui. Karena, nakhoda kapal masih belum mau memberikan keterangan. Namun, dari pengakuan salah seorang penumpang, nakhoda tidak dapat mendeteksi adanya karang. Karena, alatnya mengalami error.

Sofyan, penumpang lain asal Kabupaten Sinjai mengatakan, bahwa pada saat kapal kandas, dirinya sempat bertemu dengan nakhoda kapal. Saat itu, dia sempat mengatakan pada dirinya, bahwa pendeteksi karang mengalami kerusakan dan error sehingga tidak dapat melihat adanya karang mengakibatkan kapal kandas.

Sofyan juga mengakui, bahwa saat kapal kandas dan oleng, penumpang sempat panik dan berusaha mengambil pelampung. Bahkan sejumlah anak-anak menangis.

Menurut Kepala Syahbandar Bajoe andi abbas, pihaknya belum mengetahui pasti penyebab kandasnya KMP Dharma Kartika I itu. Pihaknya, kini masih menunggu keterangan dari nakhoda kapal, dan masih akan melakukan pemeriksaan pada kapal tersebut.

Sementara itu, ratusan penumpang kapal yang tidak jadi berangkat tersebut, masih berada di dermaga Pelabuhan Bajoe untuk menunggu keputusan, apakah kapal tersebut dapat berlayar kembali atau tidak.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9595 seconds (0.1#10.140)