Di Bone, ada bayi lahir tanpa anus

Senin, 08 Juli 2013 - 09:20 WIB
Di Bone, ada bayi lahir tanpa anus
Di Bone, ada bayi lahir tanpa anus
A A A
Sindonews.com - Seorang bayi lahir dengan kondisi organ tubuh tak lengkap. Bayi malang tersebut tak memiliki anus.

Atas kondisi tersebut, sang orang tua Usman (42) dan Hasnah (40) terpaksa merujuknya ke Rumah Sakit DR Wahidin Sudirohusodo di Makassar.

Pilihan tersebut lantaran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawu Watampone tak mampu menangani kondisi bayi berjenis kelamin laki-laki itu.

Pasien yang lahir pada Jumat malam, sekira pukul 22.00, Wita (5/7) itu mulanya berjalan lancar dengan proses kelahiran dilakukan oleh keluarganya sendiri dirumahnya di Kelurahan Lonrae. Namun setelah lahir, bayi itu ditemukan tidak memiliki anus hingga keesokannya, Sabtu, (6/7) pihak keluarga baru melaporkannya ke bidan desa di Puskesmas Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur.

"Persalinan normal, hanya saja tidak ada anusnya. Kami baru melaporkan ke bidan lalu kami dirujuk ke RSUD Tenriawaru setelah itu dirujuk lagi ke Makassar," ujar Sana, nenek bayi malang ini, Senin (8/7/2013).

Sementara itu, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat RSUD Tenriawaru Watampone Ramli SH, mengatakan sebelum dirujuk ke RS Wahidin Sudirohusodo Makassar terlebih dahulu diperiksa oleh dokter yang ada di RSUD. Namun karena ada kelainan di dalam organ tubuhnya yang tidak lengkap dan memerlukan operasi yang ditangani orang spesialisasi bedah anak.

"Hasil konsultsasi saya dengan dokter yang menanganinya di RSUD jika bayi yang lahir tanpa anus itu disebabkan genetik atau faktor gizi," ujarnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7416 seconds (0.1#10.140)