Gunung Lokon kembali mengeluarkan abu vulkanik

Jum'at, 05 Juli 2013 - 22:41 WIB
Gunung Lokon kembali mengeluarkan abu vulkanik
Gunung Lokon kembali mengeluarkan abu vulkanik
A A A
Sindonews.com - Gunung Api Lokon yang berada di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, kembali meletus, dengan ketinggian 700 meter, dari Kawah Tompaluan.

Status Gunung Lokon masih pada level tiga siaga. Warga Kota Tomohon, diminta untuk selalu waspada serta menjauhi zona dua koma lima kilo meter.

Meletusnya gunung tersebut terjadi sekira pukul 12.42 Wita. Letusan terdengar suara dentuman keras hingga ke pos pemantau Gunung Lokon yang berjarak enam kilo meter.

Secara visual dari Kota Manado, letusan kali ini tertutup awal dimana abu vulkanik berwarna abu kelabu tebal, dibawa angin ke arah selatan dan barat daya.

"Aktivitas Gunung Api Lokon sudah terekam alat seismograf sejak pukul 01.00 dinihari tadi hingga terjadi letusan dengan amplitudo 47 milimeter," jelas Kepala Pos Pemantau Gunung Api Lokon, Farid Bina, Jumat (5/7/2013).

Menurutnya, status Gunung Api Lokon masih berada di level tiga siaga. Sementara itu pemerintah Kota Tomohon meminta agar warga Kota Tomohon untuk selalu waspada serta menjauhi zona dua koma lima meter, dari Kawah Tompaluan.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0987 seconds (0.1#10.140)