Kerusakan terparah gempa di Bener Meriah & Aceh Tengah

Selasa, 02 Juli 2013 - 21:42 WIB
Kerusakan terparah gempa di Bener Meriah & Aceh Tengah
Kerusakan terparah gempa di Bener Meriah & Aceh Tengah
A A A
Sindonews.com - Dampak gempa tektonik yang berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR) di Provinsi Aceh menyebabkan beberapa wilayah mengalami kerusakan.

"Kerusakan terparah akibat gempa tersebut berada di wilayah Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah," jelas Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Selasa (2/7/2013)

Sebagai penaggulangan, pihaknya membentuk reaksi cepat untuk melakukan kaji cepat dampak kerusakan akibat gempa tektonik tersebut.

"Malam ini pukul 21.00 Wib dengan menggunakan pesawat khusus Susie Air akan berangkat ke Aceh," jelasnya.

Tim sendiri terdiri dari BNPB, SRC PB (Satuan Reksi Cepat Penanggulangan Bencana), Kementerian Sosial, Kementerian PU dan Kementerian Kesehatan.

Diberitakan sebelumnya, Gempa dengan kekuatan 6,2 Skala Richter (SR) mengguncang Provinsi Aceh. Informasi yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan pusat gempa berada di darat dengan kedalaman 10 kilometer. Tepatnya, 35 kilometer Barat Daya, Kabupaten Benermeriah, atau 43 kilomter Tenggara, Kabupaten Bireuen, dan 50 kilometer Barat Laut, Kabupaten Aceh Tengah, atau 181 kilometer Tenggara Banda Aceh.

Meskipun gempa dirasakan sangat kuat selama 15 detik oleh masyarakat Kabupaten Benermeriah dan Banda Aceh, namun gempa itu tidak menimbulkan tsunami
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7480 seconds (0.1#10.140)