Banyak warga miskintak terima BLSM, Ketua RT ngamuk

Jum'at, 28 Juni 2013 - 16:51 WIB
Banyak warga miskintak...
Banyak warga miskintak terima BLSM, Ketua RT ngamuk
A A A
Sindonews.com - Ketua RT bersama Petugas Babinkamtibmas Alang Laweh, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat merobek-robek daftar penerima Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

Itu dilakukan karena banyak warga miskin ternyata tidak terdaftar sebagai penerima BLSM.

Ketua RT 07 RW 07 Alang Laweh IV Yulius (38) mengatakan, pengumuman penerima BLSM di kelurahannya baru masuk hari ini.

Penerima BLSM diumumkan di lantai dua kantor lurah. Ibu-ibu berdatangan untuk mengecek apakah dirinya mendapatkan BLSM atau tidak. Tapi ternyata, banyak dari mereka tidak menerima BLSM.

Sedangkan Yulius sendiri tercatat sebagai penerima BLSM. Melihat itu, Yulius pun nekat merobek-robek daftar penerima BLSM di hadapan Lurah, Babinkatibmas, staf keluarahan serta sejumlah RT yang sedang rapat.

"Saya masuk dalam daftar penerima BLSM tersebut, namun saya menolak karena banyak warga saya yang seharusnya menerima BLSM ini tidak masuk data," ujarnya, Jumat (28/6/2013)

“Meski saya bekerja sebagai tukang ojek, tapi melihat isak tangis warga saya tidak rela rasa hati saya, masih banyak mereka yang ekonominya di bawah saya, saya memang terdaftar penerima BLSM tapi saya tidak mau menerima sebab warga saya banyak yang tidak terima,” tukasnya mengulang.

Hal sama disampaikan pertugas Babinkamtibmas Aiptu Syafruddin. Menurut Syafruddin, untuk daftar itu diumumkan kalau banyak warga yang layak menerima BLSM tapi justru tidak menerima.

“Untuk apa data ini kalau juga memicu kericuhan dengan warga,” katanya.

Menurut Lurah Alang Laweh Syafrizal, data penerima BLSM di kampungnya sebanyak 174 orang.
Tapi data itu adalah data penerima raskin, dan bukan update data keluarga miskin.

“Kita juga mempertanyakan apa kategori penerima BSLM tersebut, sebab selama ini petugas pendata tidak pernah melakukan koordinasi dengan kita,” ujarnya.

Dengan kejadian ini, nanti malam rencana kelurahan akan kembali rapat dengan pihak RT dan RW.

“Seharusnya petugas juga melakukan cek ulang penerima BLSM biar tahu siapa sebenarnya yang menerimanya, nanti itu akan kita rapatkan lagi,” ungkapnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8344 seconds (0.1#10.140)