BNPB turunkan 2 heli padamkan kebakaran hutan di Riau

Kamis, 27 Juni 2013 - 19:15 WIB
BNPB turunkan 2 heli padamkan kebakaran hutan di Riau
BNPB turunkan 2 heli padamkan kebakaran hutan di Riau
A A A
Sindonews.com - Dalam waktu dekat akan ada helikopter jenis Kamov yang akan membantu mengatasi kabut asap di Riau. Heli ini mampu menampung 5.000 liter air untuk melakukan mengembom titik api.

"Jumlah Helikopter Kamov ini ada dua unit. Akan datang dalam enam hari ini," terang Kepala Bidang Penanganan Darurat BNPB Dody Rusmawan, di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, Kamis (27/6/2013).

Selain heli, BNPB juga akan mendatangkan dua pesawat khusus untuk melakukan pemadaman api memalui udara.

"Jumlahnya ada dua unit juga. Pesawat ini dilengkapi dengan penyemprotan dengan tekanan (presure) yang kuat. Pesawat ini biasa dugunakan untuk mengatasi kebakaran lahan di aera gambut," ucap Dody.

Penambahan empat armada untuk mengatasi asap yang ditimbulkan kebakaran hutan dan lahan ini, merupakan perintah dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Dengan banyak heli dan dan pesawat yang membantu penganan asap ini diharapkan bisa memberikan hasil yang maksimal," imbuhnya.

Sebelum BNPB memiliki delapan heli yang berasal dari heli perusahaan, BNPB sendiri dan TNI. Untuk heli yang tersedia saat ini hanya mampu menampung 500-1000 liter air.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7164 seconds (0.1#10.140)