PPTKIS diminta dirikan kantor perwakilan di Majalengka

Senin, 24 Juni 2013 - 17:34 WIB
PPTKIS diminta dirikan kantor perwakilan di Majalengka
PPTKIS diminta dirikan kantor perwakilan di Majalengka
A A A
Sindonews.com - Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Majalengka berharap, Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) menempatkan kantor cabangnya di Kabupaten Majalengka. Hal tersebut untuk memudahkan koordinasi ketika ada kasus TKI asal Kabupaten Majalengka.

Kasi Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P3TKI) Dinsosnakertrans Kabupaten Majalengka Thamrin mengatakan, pihaknya sudah meminta kepada pemerintah provinsi terkait hal tersebut. Namun demikian, hingga saat ini belum ada tindak lanjut dari Provinsi Jawa Barat terkait hal itu.

“Kami hanya merekomendasikan untuk pembentukkan PPTKIS di Kabupaten Majalengka. Dan itu sudah kami sampaikan kepada Pemerintah Provinsi, tapi sampai sekarang belum ada tenggapan juga,” kataya, di Majalengka, Senin (24/6/2013).

Padahal, jelas dia, berdasarkan aturan, setiap PPTKIS harus memiliki kantor perwakilan di Kabupaten/Kota yang sudah ada perjanjian kerja-sama terkait perekrutan calon TKI. Namun demikian, jelas dia, selama ini PPTKIS tersebut hanya menempatkan Petugas Lapangan (PL) semata.

“Tapi yang terjadi sekarang, mereka (PPTKIS) hanya menempatkan PL atau biasa disebut sponsornya saja. Sehingga ketika ada warga kita yang bermasalah di tempatnya bekerja, Dinas mengalami kesulitan,” papar dia.

“Padahal, setahu saya di Kabupaten lain, seperti Kabupaten Indramayu, Cirebon, sudah ada perwakilanya. Tapi di sini belum ada, nggak tau kenapa alasanya,” papar dia.

Lebih jauh, Thamrin mejelaskan, selain kepada Pemrov Jabar, pihaknya berecana akan menyampikan hal tersebut kepada BNP2TKI. Hal tersebut seiring dengan rencana kunjungan Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat pada bulan Ramadan mendatang.

“Kami mendapatakan informasi bahwa pada bulan ramadan mendatang, Pak Jumhur akan melakukan safari ramadan ke sini (Majalengka). Kesempetan tersebut, akan kami manfaatkan untuk menyampaikan hal tersebut,” papar dia.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6442 seconds (0.1#10.140)