Versi JSI, Rido unggul telak di Pilwalkot Bandung

Minggu, 23 Juni 2013 - 18:16 WIB
Versi JSI, Rido unggul telak di Pilwalkot Bandung
Versi JSI, Rido unggul telak di Pilwalkot Bandung
A A A
Sindonews.com - Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung, pasangan calon nomor urut empat, Ridwan Kamil-Oded M Danial (Rido) menang telak dari tujuh kandidat lainnya, dalam hasil quick count yang dirilis oleh Jaringan Suara Indonesia (JSI).

Pasangan yang biasa disebut RIDO ini menang telak dengan perolehan 44,55 persen suara dari jumlah sampel 62351 suara yang diambil di 270 TPS dengan tingkat partisipasi mencapai 56,93 persen.

Wakil Direktur Eksekutif JSI, Fajar Tamin mengatakan, pasangan Rido telah unggul dari pasangan Edi Siswadi-Erwan Setiawan (Eswan) dan Ayi Vivananda-Nani Suryani (AN) yang menempati posisi kedua dan ketiga.

“Rido dipastikan unggul telak. Sedangkan pasangan nomor urut satu dan lima bersaing memperebutkan posisi kedua,” jelasnya kepada wartawan usai rilis hasil quick count di Hotel Preanger, Kota Bandung, Minggu (23/6/2013).

Jauh sebelumnya, JSI telah memprediksi jika Rido bakal unggul telak karena menggarap pangsa pemilih dikalangan grassroot. Sedangkan untuk pasangan Eswan dan AN saat masa kampanyenya terkena ‘gempa’ politik yang menyebabkan suara turun drastis.

“Pasangan nomor satu dan lima itu terkena gempa politik pada pasangannya masing-masing. Untuk nomor empat isu partai tidak berpengaruh karena yang dilihat adalah sosok Ridwan Kamil dan bukan partai pengusung,” terangnya.

Seperti diketahui, kasus dugaan korupsi Bansos Kota Bandung menyeret dua nama dalam Pilwalkot ini. Nama pertama adalah Edi Siswadi dan Dada Rosada. Dalam hal ini istri Dada, Nani Suryani mencalonkan diri sebagai Wakil Wali Kota berpasangan dengan Ayi Vivananda.

Edi dan Dada pernah dipanggil KPK beberapa kali atas kasus dugaan suap hakim yang menangani dugaan korupsi Bansos Kota Bandung. Diduga atas hal tersebutlah suara untuk pasangan Eswan dan AN menurun drastis.

Berikut hasil lengkap quick count versi JSI:
1 Edi Siswadi-Erwan Setiawan (Parpol-17,63 persen)
2. Wahyudin Karnadinata-Tony Apriliaani (Perseorangan-8,06 persen)
3. Wawan Dewanta-HM Sayogo (Perseorangan-2,15 persen)
4. Ridwan Kamil-Oded M Danial (Parpol-44,55 persen)
5. Ayi Vivananda-Nani Suryani (Parpol-15,38 persen)
6. MQ Iswara-Asep Dedi Ruhyadi (Parpol-7,92 persen)
7. Budi Setiawan-Rizal Firdaus (Perseorangan-2,93 persen)
8. Bambang Setiadi-Alex Tahsin Ibrahim (Perseorangan-1,38 persen)
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.2205 seconds (0.1#10.140)