Putri sulung Gus Dur kunjungi pengungsi Syiah

Jum'at, 21 Juni 2013 - 17:35 WIB
Putri sulung Gus Dur...
Putri sulung Gus Dur kunjungi pengungsi Syiah
A A A
Sindonews.com - Putri sulung almarhum Abdurahman Wahid (Gus Dur) Alisa Wahid, mengunjungi para pengungsi Syiah di Rumah Susun (Rusun) Puspa Agro, di Desa Jemondo, Kecamatan Taman, Sidoarjo, Jumat (21/6), siang.

Dalam kunjungannya, perempuan yang juga sebagai Dewan Pembina di Wahid Institute itu ditemui langsung salah satu pimpinan pengungsi Syiah, Iklal Al Milal. Dikesempatan itu, Alisa menyampaikan kepriihatinanya atas konflik yang terjadi di Sampang, Madura.

"Konflik di Sampang tidak harus diselesaikan dengan cara pengusiran. Tentu saja hak mereka untuk mendapatkan hidup yang layak terampas," jelas Alisa.

Menurutnya, masalah ini sebaiknya diselesaikan pemerintah pusat, dan bukan pemerintah daerah yang hingga kini dinilainya belum juga bisa menyelesaikan konflik keyakinan itu.

"Upaya relokasi yang dilakukan pemerintah daerah hanya bisa menyelesaikan masalah sementara, namun jika tidak ada pendampingan secara serius, dikhawatirkan justru konflik ini akan meluas ke daerah yang dijadikan tempat relokasi," jelasnya.

"Dibutuhkan upaya untuk rekonsiliasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat di daerah Sampang dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat, agar tidak ada yang merasa dirugikan. Sebagaimana yang pernah dilakukan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam menangani konflik Poso," sambungnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7825 seconds (0.1#10.140)