77 Persen Siswa SMAN 2 Sekayu masuk PTN tanpa tes

Rabu, 05 Juni 2013 - 17:28 WIB
77 Persen Siswa SMAN 2 Sekayu masuk PTN tanpa tes
77 Persen Siswa SMAN 2 Sekayu masuk PTN tanpa tes
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya 77 persen lulusan SMAN 2 Sekayu tahun 2013 berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Favorit di Indonesia tanpa tes.

Hal ini diketahui saat dilakukan perpisahan peserta didik kelas XII SMAN 2 Sekayu angkatan XIV tahun ajaran 2012-2013 di ruang Opproom Pemkab Muba, hari ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muba, H Sohan Majid, menuturkan prestasi yang ditorehkan SMAN 2 Sekayu patut dicontoh sekolah lainnya. Sebab dari dari 115 siswa kelas XII yang dilepas, 89 orang diantaranya atau 77 persen telah diterima di beberapa Perguruan Tinggi Negeri tanpa tes.

Seperti di Universitas Sriwijaya, Universitas Gajah Mada, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Pajajaran, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Jendral Soedirman, Institut Pertanian Bogor, Universitas Islam Sunan Kalijaga, Universitas Lampung dan Universitas Bengkulu.

“ Mereka diterima di berbagai Fakultas, diantaranya Fakultas Ilmu Kedokteran, Ekonomi, Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Teknik, dan Pertanian, “ terang Sekda sesuai laporan pihak sekolah, Rabu (5/6/2013).

Menurutnya, siswa SMAN 2 Sekayu yang diterima di Perguruan Tinggi tanpa tes, merupakan prestasi yang membanggakan bagi Kabupaten Muba, karena pendidikan merupakan aset penting bagi kemajuan bangsa. Namun, jelas Sohan, tantangan masa depan jauh lebih kompleks, persaingan juga semakin berat terutama dalam dunia kerja, untuk itu harus dibekali dengan ilmu pengetahuan.

“Oleh karena itu, kepada seluruh siswa kelas XII yang telah menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah harus mempersiapkan diri dengan baik guna mewujudkan cita-cita,” terangnya.

Kepala SMAN 2 Sekayu, RR. Mini Sari Wulan menuturkan perhatian terhadap dunia pendidikan sangat penting. Bentuk nyata dukungan tersebut selain mengalokasikan dana pendidikan di atas 20 persen dari total APBD, adalah dengan diberikannya bantuan kendaraan operasional sekolah oleh Bupati Muba H Pahri Azhari pada peringatan hari pendidikan nasional beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan pada acara perpisahan siswa yang telah lulus ini merupakan agenda rutin sekolah yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Pada acara pengelepasan siswa tersebut lima orang siswa kelas XII tampil membawakan pidato dalam lima bahasa yaitu, Bahasa Sekayu (bahasa daerah), Bahasa Inggris, Arab, Jepang dan Indonesia, serta dihibur dengan penampilan tari dan paduan suara SMAN 2 Sekayu.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7232 seconds (0.1#10.140)
pixels