Unik, Siswa SMP di Polman rayakan kelulusan dengan bersepeda

Minggu, 02 Juni 2013 - 18:18 WIB
Unik, Siswa SMP di Polman rayakan kelulusan dengan bersepeda
Unik, Siswa SMP di Polman rayakan kelulusan dengan bersepeda
A A A
Sindonews.com - Euforia pada saat pengumuman kelulusan dengan melakukan aksi coret-coret maupun konvoi di jalan memang tidak bisa dihindarkan lagi.

Meski pemerintah dan pihak sekolah sudah melarangnya. Namun, diantara puluhan sekolah yang ada di Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), ada juga sekolah yang tampil berbeda.

Adalah SMP Negeri 3 Polewali, setelah mengetahui pengumuman kelulusan, siswa yang dinyatakan lulus Ujian Nasional tahun ini ternyata tampil berbeda dengan siswa dari sekolah lain yang ada di Polman. Tradisi aksi coret-coret dan konvoi yang selama ini dilakukan untuk meluapkan kegembiraannya, seakan bukan sebuah trend lagi bagi siswa eks RSBI itu.

Mereka bahkan memilih untuk merayakan kelulusan dengan bersepeda santai keliling kota. Bagi mereka, keliling kota dengan sepeda santai lebih bermakna ketimbang coret-coret dan konvoi sambil trek-trekan.

Aksi coret-coret selain adalah bentuk pemborosan, juga tidak bermakna. Apalagi jika harus turun ke jalan dengan melakukan konvoi yang sangat mengganggu ketenangan dijalan dan masyarakat.

“Pengalaman pada pengumuman keluluan SMA beberapa waktu lalu, aksi konvoi sangat mengganggu ketenangan lingkungan. Makanya, giliran SMP, saya memilih untuk tidak ikut konvoi,” ujar Wahyuni, salah satu siswa SMP 3 Polewali.

Bukan hanya itu, ia meyakini aksi konvoi di jalan juga sangat membahayakan keselamatan diri. Dibeberapa daerah, ada siswa yang meluapkan kegembiraannya dengan melakukan konvoi malah berujung maut.

“Kami tidak ingin keselamatan mengancam karena aksi konvoi. Makanya, bersepada santai dengan tertib seperti ini lebih baik,” tambah Wahyuni.

Aksi sepeda santai keliling kota yang dilakukan ratusan siswa SMA Negeri 3 Polewali tersebut mulai dilakukan sore hari setelah pihak sekolah mengumumkan hasil UN.

Sepeda santai berjalan dengan tertib karena mendapat pengawalan dari petugas lalu lintas Polres Polman. Mereka menyisiri poros polewali menuju Pantai Bahari.

Meski demikian, beberapa titik jalan sempat mengalami kemacetan karena sejumlah siswa yang melakukan konvoi menguasai jalan. Namun, tidak berlangsung lama, mereka bubar setelah melihat kedatangan aparat kepolisiaan.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7493 seconds (0.1#10.140)