BMKG: Wilayah III Cirebon berpotensi bencana

Minggu, 28 April 2013 - 11:13 WIB
BMKG: Wilayah III Cirebon berpotensi bencana
BMKG: Wilayah III Cirebon berpotensi bencana
A A A
Sindonews.com - Dalam beberapa minggu ke depan, sejumlah daerah di wilayah III Cirebon dinilai masih berpotensi terjadinya bencana alam.

Hal tersebut seiring dengan adanya pergantian cuaca yang diprediksi berlangsung hingga pertengahan Mei mendatang.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi, Mas Pudjiono mengatakan, memasuki pergantian musim, terdapat sejumlah bencana yang harus diwaspadai.

Beberapa bencana yang diprediksi akan terjadi pada pergantian musim, diantaranya angin puting beliung dan sambaran petir.

“Saat ini bisa dikatakan sudah memasuki masa transisi dari musin hujan ke musim kemarau. Dan masa-masa seperti sekarang ini, berpotensi hujan turun cukup lebat dibarengi dengan angin puting beliung dan petir,” kata Pudjiono, Minggu (28/4/2013).

Selain ancaman angin puting beliung dan sambaran petir, pada masa pergantian musim juga dinilai rawan terhadap bencana tanah longsor. Pasalnya, meskipun tidak berlangsung lama, namun hujan yang turun pada masa transisi ini diprediksi akan lebat.

“Untuk durasi hujan sendiri relatif singkat, mungkin maksimal 1 jam, namun cukup lebat. Oleh karena itu, warga yang berada di dataran tinggi, khususnya perbukitan, diharapkan lebih waspada lagi,” papar dia.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7211 seconds (0.1#10.140)
pixels