Warga janji tak blokade jalan PT Medco

Selasa, 23 April 2013 - 15:23 WIB
Warga janji tak blokade jalan PT Medco
Warga janji tak blokade jalan PT Medco
A A A
Sindonews.com - Warga Desa Pelawe Kecamatan BTS Ulu Kabupaten Musi Rawas (Mura) berjanji tidak melakukan aksi pemblokadean jalan dan sepakat menyelesaikan masalah dengan PT Medco E&P Blok Soka.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kabupaten Mura, AKBP M Barly Ramadhany mengatakan saat kejadian pihaknya meminta klarifikasi tiga orang warga terkait aksi pemortalan jalan yang dilakukan.

"Saya juga imbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pemortalan jalan. Karena jalan tersebut digunakan masyarakat umum, tentunya menganggu aktivitas warga sekitar," tegas Barly, Selasa (23/4/2013).

Perwira menengah berpangkat melati dua itu menjelaskan, kepala desa (kades), BPD dan tokoh masyarakat berjanji tidak akan ada pemortalan jalan lagi. "Dan segera menyelesaikan masalah tersebut dengan musyawarah mufakat," jelas dia.

Selain itu, Barly menambahkan, pihak perusahaan telah memiliki niat baik melakukan ganti rugi. Sehingga, warga diharapkan segera menyelesaikannya dengan baik tanpa harus melakukan blokade jalan yang menggangu masyarakat luas.

Terpisah, Camat BTS Ulu, Dedi Januarsyah mengatakan, sekarang tidak ada lagi aksi pemortalan jalan oleh warga. Warga sudah berjanji tidak akan melakukan pemortalan lagi.

"Persoalannya ini akan tetap dilanjutkan dengan di mediasi Polres Mura," jelasnya.

Seperti diberitakan, warga Desa Pelawe, Kecamatan BTS Ulu melakukan pemortalan jalan poros desa yang merupakan akses keluar-masuk kendaraan operasional PT Medco E&P Blok Soka.

Perwakilan warga menuntut agar pihak perusahaan segera melakukan proses ganti rugi lahan perkebunan. Akibat adanya kebocoran pipa minyak.

Diduga kebocoran pipa itu sudah terjadi dua kali di tahun 2012 dan bulan April 2013 yang lalu. Tetapi tuntutan ganti rugi warga belum direalisasikan.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8005 seconds (0.1#10.140)