Pertamakali di Indonesia, Pilkada Bantaeng terapkan e-voting

Rabu, 17 April 2013 - 10:53 WIB
Pertamakali di Indonesia, Pilkada Bantaeng terapkan e-voting
Pertamakali di Indonesia, Pilkada Bantaeng terapkan e-voting
A A A
Sindonews.com - Meski masih dalam tahap uji coba, Pilkada Bantaeng yang digelar hari ini mulai menerapkan e-voting. Langkah ini diuji coba di 42 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 360 TPS.

Kepala Project Sistem Pemilu Elektronik, Andrari Rahitandaru mengatakan, sistem penggunaan e-voting ini tidak dapat di manipulasi dengan menggunakan cara apapun. Karena segala aktivitas terekam secara sistemik dan hasilnya pun dapat diketahui secara langsung.

"Selain dapat meminimalisir kecurangan, sistem e-voting ini juga menghemat anggaran," katanya di Bantaeng, Rabu (17/4/2013).

Selain di Bantaeng, menurut Anrari, sistem e-voting ini juga sebelumnya telah di ujicobakan dalam pemilihan Kepala Desa di Boyolali serta pada pemilihan Kepala Dusun di Jembrana, Bali.

Ia menjelaskan, Pilkada Bantaeng hari ini diuji coba sistem e-Voting di 42 TPS dari 360 TPS. Dari 42 TPS, sekira 15 ribu dari 137 ribu warga yang punya hak suara menggunakan teknologi e-voting tersebut.

"Kami siapkan sekitar 100 teknisi untuk membantu pelaksanaan sistem yang merupakan e-voting pertama kalinya di Indonesia ini," tegasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6540 seconds (0.1#10.140)