Buka isolasi, dibangun lima jembatan baru

Senin, 15 April 2013 - 15:04 WIB
Buka isolasi, dibangun lima jembatan baru
Buka isolasi, dibangun lima jembatan baru
A A A
Sindonews.com - Untuk menembus daerah pedalaman, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja, Sulawesi Selatan, akan membangun lima jembatan baru disejumlah kawasan. Untuk rencana ini, Pemkab telah menganggarkan Rp2,3 miliar.

Sekretaris Dinas PU Tana Toraja, Nirus Nicolas menyatakan, pembangunan kelima jembatan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) tahun anggaran 2013 dengan nilai anggaran Rp2,3 miliar.

Kelima jembatan baru tersebut masing-masing, jembatan Rea Saluputti di kecamatan Malimbong Balepe senilai Rp950 juta, jembatan To' Lamba Saluallo senilai Rp350 juta, dan jembatan Laliu Sangalla di kecamatan Sangalla senilai Rp350 juta.

Kemudian jembatan Nosu Sarapeang di kecamatan Rembon Rp400 juta dan jembatan sungai Sumau Rembo-rembo di kecamatan Bittuang senilai Rp250 juta.

Menurutnya, sebagian besar lokasi pembangunan lima jembatan baru berada di daerah pedalaman. Jembatan baru ini juga akan membuka terisolasian masyarakat yang selama ini wilayahnya sulit dijangkau kendaraan.

Dengan begitu, masyarakat tidak lagi kesulitan memasarkan hasil buminya ke ibukota kecamatan maupun ibukota kabupaten karena sudah didukung dengan akses jalan tembus.

Kepala Dinas PU Tana Toraja, John Tolla menyatakan Dinas PU Tana Toraja menargetkan pembangunan lima jembatan baru bisa selesai paling lambat akhir tahun 2013. Dengan begitu, manfaatnya sudah bisa dirasakan masyarakat setempat dalam waktu dekat.

“Mudah-mudahan, kelima jembatan baru yang dibangun tahun ini pembangunannya bisa selesai akhir tahun ini,” tandasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4657 seconds (0.1#10.140)