Banyak penderes nira tewas

Kamis, 11 April 2013 - 10:23 WIB
Banyak penderes nira tewas
Banyak penderes nira tewas
A A A
Sindonews.com – Kecelakaan yang menimpa penderes terus terjadi. Tahun ini, tercatat sembilan kasus kecelakaan. Dari jumlah itu, lima penderes meninggal dan sisanya luka. Minimnya kesadaran menggunakan safety belt dituding sebagai penyebab tingginya kecelakaan.

Agus Supriyanta, Kasi Hubungan Industrial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kulonprogo mengatakan, angka kecelakaan yang menimpa penderes masih cukup tinggi. Tahun 2012 misalnya, terjadi 12 kecelakaan dengan korban meninggal 12 orang. Sedangkan sembilan sisanya terluka.

"Sedangkan tahun 2013, hingga April sudah mencapai Sembilan dengan rincian empat luka dan lima meninggal. Semua belum tersantuni dari Dinsosnakertrans karena masih menunggu peraturan bupati tentang dana hibah," kata Agus di kantornya, Kamis (11/4/2013).

Dia mengatakan, Dinsosnakertrans sebenarnya sudah menyosialisasikan penggunaan safety belt. Hanya saja, belum banyak penderes yang menggunakan alat pengaman tersebut. Dari 6.000 penderes yang ada di wilayah ini, baru sebagian kecil saja yang sudah memanfaatkan safety belt.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengaku prihatin dengan banyaknya kecelakaan yang menimpa penderes. Dia menilai, kesadaran penderes menggunakan safety bely masih cukup minim. Padahal, safety belt cukup membantu mengurangi risiko kecelakaan.

"Memang mungkin bagi penderes sangat merepotkan dan tidak leluasa bergeraknya. Namun itu karena belum terbiasa. Saya kira sosialisasinya juga masih perlu ditingkatkan untuk merubah mindset," kata Hasto.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5921 seconds (0.1#10.140)