Polresta Samarinda waspada premanisme

Rabu, 10 April 2013 - 22:02 WIB
Polresta Samarinda waspada premanisme
Polresta Samarinda waspada premanisme
A A A
Sindonews.com - Polresta Samarinda mengklaim melakukan razia rutin khusus terkait premanisme. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan dini dari aksi kejahatan agar angka premanisme dapat ditekan jumlahnya.

"Kalau razia khusus preman kita tidak ada, tapi kita melakukan pemberantasan penyakit masyarakat, di antaranya razia senjata tajam, miras dan lainnya," kata Kapolres Samarinda Kombes Pol Arif Prapto Santoso, Rabu (10/4/2013).

Arif berharap informasi dari masyarakat jika terjadi gangguan kamtibmas. Dengan demikian polisi langsung menanganinya tepat pada sasaran. Ia mengatakan, pemberantasan penyakit masyarakat kadang tidak tepat sasaran, karena dilakukan secara umum.

"Kalau ada informasi dari masyarakat, kita langsung bergerak pada satu titik di mana gangguan itu terjadi," katanya.

Meski demikian, Polresta Samarinda juga tidak menunggu laporan masuk untuk bergerak. Selain mencegah premanisme dengan pemberantasan penyakit masyarakat, Polresta Samarinda juga akan melakukan pengawasan khusus di kawasan yang rawan aksi premanisme.

"Kita akan memberi perhatian khusus untuk kawasan seperti pasar, terminal dan lainnya," tambahnya.

Sejauh ini, kata Arif, di Samarinda aksi premanisme belum begitu mencuat. Namun pihaknya akan tetap melakukan langkah preventif. Untuk itu dibutuhkan peran masyarakat dalam memberikan informasi kepada kepolisian.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5023 seconds (0.1#10.140)