Jalan penghubung antar desa di Dusun Talondo amblas

Selasa, 09 April 2013 - 18:23 WIB
Jalan penghubung antar desa di Dusun Talondo amblas
Jalan penghubung antar desa di Dusun Talondo amblas
A A A
Sindonews.com - Ruas jalan yang menghubungkan desa Gandang Batu menuju kelurahan Benteng Ambeso di kecamatan Gandang Batu Sillanan amblas akibat longsor, sekitar pukul 02.00 Wita, siang tadi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, badan jalan amblas tepatnya terjadi di Kampung Malaleo, Dusun Talondo, Desa Gandang Batu. Diduga, amblasnya ruas jalan karena terjadinya pergeseran pada lapisan tanah bagian bawah jalan akibat hujan deras yang turun dalam beberapa hari terakhir.

"Tadi subuh (kemarin subuh), badan jalan yang menghubungkan Desa Gandang Batu dengan Kelurahan Benteng Ambeso amblas sepanjang dua meter karena longsor," ujar seorang tokoh masyarakat sekitar, Semuel Pulung kepada Sindo, Selasa (9/4/2013).

Dikatakan Semuel, akibat badan jalan amblas, arus barang, kendaraan dan manusia putus total. Kendaraan dari arah Desa Gandang Batu menuju Kelurahan Benteng Ambeso atau sebaliknya tidak bisa melintas di Dusun Talondo.

Menurutnya, poros jalan di Dusun Talando sudah seringkali mengalami longsor. Masyarakat setempat dibantu para sopir angkutan umum sudah berupaya menimbun badan jalan yang amblas agar ruas jalan bisa kembali dilalui kendaraan.

Masyarakat setempat dan sopir angkutan umum berharap, pemerintah kabupaten (Pemkab) Tana Toraja segera turun tangan menangani badan jalan yang amblas akibat longsor.

"Setiap kali badan jalan putus akibat longsor, arus kendaraan dari dusun Talondo untuk sementara terpaksa dialihkan ke ruas jalan Mebali yang jarak tempuhnya lebih lama," ujar Semuel.

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, mengakui poros jalan di Dusun Talondo seringkali dilanda longsor. Hal itu disebabkan kondisi tanah yang mudah bergeser akibat aliran air di bawah tanah.

"Ruas jalan yang rusak karena longsor seringkali sudah diperbaiki tetapi tetap saja bergeser jika musim hujan," jelasnya.

Menurut Theofilus, Pemkab Tana Toraja sedang mengupayakan penanggulangan darurat pada ruas jalan yang amblas.

Pemkab Tana Toraja sementara melakukan survei untuk jalan alternatif yang menghubungkan desa Gandang Batu dengan Kelurahan Benteng Ambeso. Ruas jalan itu juga merupakan ruas jalan penghubung kecamatan Gandang Batu Sillanan dengan kecamatan Mengkendek.

"Kami sudah melakukan survei memastikan lokasi untuk jalan alternatif yang aman dari ancaman longsor," tandas Theofilus.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1749 seconds (0.1#10.140)