Empat rumah di Batu terancam ambles

Senin, 01 April 2013 - 19:07 WIB
Empat rumah di Batu terancam ambles
Empat rumah di Batu terancam ambles
A A A
Sindonews.com - Empat rumah warga Jalan Sai, RT 03/ RW 01, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu terancam ambles. Karena dibawah rumah mereka terdapat goa/rongga bekas penggalian pasir dan batu (Sirtu).

Siati, penghuni rumah milik Heru Wibowo menyatakan, seminggu yang lalu hujan lebat menguyur wilayah Kota Batu. Dia bersama tetangga depan dan samping rumahnya heran. Sebab air hujan yang turun dari genting tidak mengalir keselokan.

Setelah diperiksa ternyata air hujannya langsung masuk kedalan perut bumi lewat celah tanah dibagian parit.

"Ya tiba-tiba kita dengar suara bangunan roboh, brak...setelah kita periksa ternyata pondasi rumah milik tetangga runtuh," sebut Siati di rumahnya, Senin (1/4/2013).

Menurutnya, empat rumah warga Jalan Sai yang terancam ambles milik H Solikin, Heru Wibowo, ustad Munir Fatullah dan milik Mulyani.

"Kemarin lubang dibagian dapur milik saya ini dalamnya mencapai tiga meter. Kemarin sama warga dibantu pegawai Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) menguruk lubang itu agar tidak ambles lagi," jelas dia.

Kejadian serupa juga pernah terjadi tahun 2008 lalu. Lokasinya juga di Jalan Sai, Kelurahaan Sisir. Waktu itu dua rumah milik Meselan dan Rohana ambles ke dalam tanah.

Camat Batu, Hari Santoso menyatakan, area permukiman di depan SMAN 1, Kota Batu yaitu di Jalan Sai memang rawan ambles.

Diduga dulu sebagai lokasi penggalian pasir dan batu oleh penduduk setempat.

"Saat ini jumlah bangunannya sudah banyak. Penduduknya jumlah padat. Akibatnya tanahnya mudah ambles. Karena dibawah rumah warga itu kita duga banyak ronganya," tandas Hari Santoso.

Masalah ini kata Hari, sudah disampaikan ke wali kota dan BPBD Kota Batu. "Intinya masyarakat harus tetap waspada agar tidak sampai menimbulkan korban jiwa," pungkas Hari.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9945 seconds (0.1#10.140)