Ngurus akta di Kulonprogo kini hanya sehari

Senin, 01 April 2013 - 14:33 WIB
Ngurus akta di Kulonprogo...
Ngurus akta di Kulonprogo kini hanya sehari
A A A
Sindonews.com – Pemkab Kulonprogo terus berbenah melayani warganya. Terbaru, Pemkab meluncurkana program one day service bagi masyarakat yang akan mengurus akta atau surat kependudukan.

Program diluncurkan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat, Senin (1/4/2013).

Kepala Disdukcapil Kulonprogo Bambang Pidegso mengatakan, program One Day Service bertujuan untuk mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat, khususnya bidang pencatatan aipil.

"Kita juga mengatasi kemiskinan dalam arti mikro, sebab ketika orang mencari akta bolak-balik tentu menghabiskan biaya perjalanan lumayan besar,” kata Bambang di Kantor Disdukcapil Kulonprogo.

Menurut dia, secara faktual one day service sudah diuji coba mulai tanggal 23 Februari 2013. Untuk menyukseskan program, one day service didukung empat staff front office yang diangkat mulai Januari-April 2013. Front office dinilai membantu mengubah image masyarakat tentang pelayanan.

Dia menjelaskan, sejauh ini one day service berjalan cukup lancar. Namun dia mengakui masih butuh beberapa pembenahan terutama pada perangkat keras.

“Printer misalnya, perlu ada printer cadangan. Sehingga kalau yang digunakan sekarang rusak, pelayanan tidak terganggu karena sudah ada gantinya,” imbuhnya.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menyambut baik peluncuran one day service. Menurut dia, program ini merupakan semangat yang luar biasa.

"Saya percaya ide Pak Bambang ini sesuatu yang luar biasa dan saya berharap bisa menular kepada SKPD yang lain untuk bisa semangat memberikan pelayanan secepatnya, juga tepat dan benar tanpa pungutan apapun,” katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2255 seconds (0.1#10.140)