Coblosan Pilgub, car free day lengang

Minggu, 26 Mei 2013 - 12:37 WIB
Coblosan Pilgub, car free day lengang
Coblosan Pilgub, car free day lengang
A A A
Sindonews.com - Suasana car free day (CFD) di Jalan Slamet Riyadi Solo Jawa Tengah terlihat lengang dari biasanya yang selalu dipadati warga. Konsentrasi massa di ruang bebas kendaraan bermotor ini terpecah saat coblosan Pilgub Jateng hari ini.

“Yang biasanya beraktivitas di CFD kemungkinan mempersiapkan coblosan di TPS masing-masing, terutama anggota KPPS,” kata Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo Sri Baskoro, Minggu (26/5/2013).

Pantauan sindonews.com, CFD sudah mulai sepi sejak pukul 08.00 WIB, atau sejam sebelum ruas jalan itu dibuka untuk lalu lintas kendaraan bermotor.

Aneka event yang selalu meramaikan CFD di Minggu mulai pukul 05.00 WIB-09.00 WIB tak terlihat marak pagi ini. Aktivitas pengunjung hanya sebatas berolahraga ringan serta minim ingar bingar acara musik, utamanya di area Plasa Sriwedari. Dikatakan Sri Baskoro, gelaran CFD tetap seperti biasa meski bertepatan coblosan Pilgub.

”Tidak ada pengurangan jam CFD jika agar mendorong partisipasi warga. Mereka dipersilakan ke CFD usai mencoblos atau sebelumnya,” kata dia.

Menurutnya, CFD bisa dijadikan alternatif solusi untuk meredakan tensi politik yang meninggi. Dengan berolahraga, persitegangan antarwarga menyangkut Pilgub, dapat diminimalisasi.

”Masyarakat bisa santai menghadapi Pilgub. Ini kesempatan merukunkan warga juga,” jelasnya.

Sri Baskoro meyakini masyarakat cukup memahami perihal penggunaan hak suaranya, sehingga petugas Dishubkominfo tidak perlu ”ngoyak-oyak” mereka supaya segera pulang untuk nyoblos.

Hari ini, coblosan Pilgub Jateng di Solo berlangsung di 981 TPS dengan total pemilih di DPT 408.507 jiwa.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8541 seconds (0.1#10.140)