Dinas Pertanian Jombang sebut serangan hama masih aman

Selasa, 26 Maret 2013 - 08:39 WIB
Dinas Pertanian Jombang sebut serangan hama masih aman
Dinas Pertanian Jombang sebut serangan hama masih aman
A A A
Sindonews.com - Serangan hama wereng yang kini semakin meluas di wilayah Kabupaten Jombang diklaim sudah ditangani pemerintah setempat.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang Ir Syamto, pihaknya sudah mendapat laporan tentang serangan hama wereng tersebut.

"Dinas Pertanian sudah membantu memberikan obat-obatan pada petani, namun bantuan tersebut sifatnya hanya sebagai stimulan, dan untuk berikutnya yang harus melakukan penyemprotan hingga tuntas harus petani sendiri," ungkap Syamto, Selasa (26/3/2013).

Pihaknya juga mengklaim, matinya 80 hektar padi petani akibat serangan hama wereng belum parah dan tidak akan mengurangi target produksi padi secara keseluruhan di Kabupaten Jombang.

"Sebab total luas lahan tanaman padi di Kabupaten Jombang mencapai 37.910 hektar. Sementara yang mati terserang hama wereng hanya sekira 80 hektar," jelas Syamto.

Diketahui, dalam sebulan terakhir, serangan hama wereng di Kabupaten Jombang semakin meluas. Jika sebelumnya hanya menyerang padi di Kecamatan Perak, kali ini serangannya meluas hingga ke enam kecamatan lainnya.

Enam kecamatan lain yang diserang wereng yakni, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kecamatan Ngusikan, Kecamatan Mojowarno, Kecamatan Kota Jombang, Kecamatan Tembelang, dan Kecamatan Bareng.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7150 seconds (0.1#10.140)