Pisahkan kembar siam, dokter siapkan 3 opsi

Kamis, 14 Maret 2013 - 18:37 WIB
Pisahkan kembar siam, dokter siapkan 3 opsi
Pisahkan kembar siam, dokter siapkan 3 opsi
A A A
Sindonews.com - Hingga kini tim dokter dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo terus memantau perkembangan bayi kembar siam Fania Aqya Aurora Putri dan Fenia Aqya Aurora Putri. Untuk memisahkan bayi kembar siam ini, tim dokter menyiapkan tiga opsi operasi.

Ketua Tim Dokter Kembar Siam dr Agus Hariyanto menjelaskan, tiga opsi operasi yang disiapkan oleh Tim Dokter, yakni Operasi Emergency, Operasi Urgent dan Operasi Electy.

"Hasil rapat tim dokter kami memutuskan menunda karena kondisi Fenia terus membaik. Kami ingin menyelamatkan dua-duanya," kata Agus di RSUD Dr Soetomo, Kamis (14/3/2013).

Ia menjelaskan, Operasi Emergency akan dilakukan oleh Tim dokter bila kondisi bayi ini terus memburuk. Ada beberapa kreteria yang sudah disusun oleh tim dokter untuk mengetahui kondisi bayi, mulai dari berat badan, kondisi jantung dan lain-lain.

"Sebenarnya hari ini Tim Dokter hendak melakukan operasi emergency dengan ingin menyelamatkan bayinya. Tetapi walau sedahsyatnya mesin yang ada tapi kondisi Fenia memiliki kelainan jatung yang cukup kompleks. Ternyata hari ini kondisinya membaik setelah tim dokter memberikan obat-obatan," jelas Agus.

Sebelumnya bayi kembar siam Fania dan Fenia asal Ponorogo ini dirawat di RSU Dr Soetomo. Bayi asal Ponorogo ini sulit dipisahkan karena mengalami tiga jenis kelainan pada jantung.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4345 seconds (0.1#10.140)