April, pendaftaran cabup independen dibuka

Kamis, 14 Maret 2013 - 16:14 WIB
April, pendaftaran cabup independen dibuka
April, pendaftaran cabup independen dibuka
A A A
Sindonews.com - Mulai April 2013 mendatang, KPU Kabupaten Majalengka akan mulai menerima pencalonan bupati. Langkah awal, KPU Majalengka akan membuka pendaftaraan bagi calon bupati independen.

Ketua KPU Kabupaten Majalengka, Supriatna menjelaskan, dalam tahapan penerimaan cabup tersebut, KPUD membagi dua bagian, yakni untuk jalur independen dan jalur partai. Untuk calon dari jalur independen akan dilakukan lebih awal.

“Bulan April untuk calon perseorangan. Setelah itu disusul untuk calon dari partai pada bulan Mei,” kata Supriatna di kantornya, Kamis (14/3/2013).

Supriatna menyebutkan, pihaknya sengaja membagi dua kelompok dalam pendaftaran cabup tersebut dan mendahulukan calon dari jalur independen. Pasalnya, untuk pendaftaran dari jalur independent, jelas dia, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

“Untuk jalur dari partai itu kan lebih mudah dibanding independen. Jalur independen harus menyerahkan bukti dukungan tiga persen dari jumlah keseluruhan warga Majalengka,” papar dia.

Sementara itu, untuk jumlah Dapil Pilbup mendatang, dijelaskan Supriatna, masih sama dengan dapil pilbup sebelumnya, yakni sebanyak lima dapil. Kendati demikian, untuk Pilbup September mendatang, terdapat perubahan komposisi kecamatan di sebagian dapil.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8155 seconds (0.1#10.140)