KPU tetapkan Tana Toraja jadi 5 Dapil

Rabu, 13 Maret 2013 - 16:53 WIB
KPU tetapkan Tana Toraja jadi 5 Dapil
KPU tetapkan Tana Toraja jadi 5 Dapil
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Tana Toraja menjadi lima Dapil untuk pemilihan legislatif mendatang.

"Penetapan Dapil pemilihan anggota DPRD kabupaten Tana Toraja berdasarkan keputusan KPU nomor 118/Kpts/KPU/tahun 2013 tanggal 9 Maret 2013. Dalam keputusannya, KPU menetapkan kabupaten Tana Toraja menjadi lima dapil," ujar Ketua KPU Kabupaten Tana Toraja, Luther Pong Re'kun kepada SINDO di Makale, Rabu(13/3).

Luther merinci lima dapil di kabupaten Tana Toraja, meliputi dapil satu kecamatan Makale, Makale Utara dan Makale Selatan. Dapil dua meliputi kecamatan Mengkendek, Gandang Batu Sillanan, Sangalla, Sangalla Utara dan Sangalla Selatan.

Dapil tiga meliputi kecamatan Bonggokaradeng, Simbuang, Mappak dan Rano. Dapil empat meliputi kecamatan Bittuang, Masanda dan Malimbong Balepe. Sedangkan Dapil lima meliputi kecamatan Saluputti, Rantetayo, Rembon dan Kurra.

Penetapan dapil pemilihan anggota DPRD kabupaten Tana Toraja itu sesuai dengan rancangan dapil yang diusulkan KPU Tana Toraja dari hasil konsultasi publik dengan pengurus partai politik yang dinyatakan lolos sebagai peserta pemilu 2014.

Menurutnya, Pada pemilihan anggota DPRD tahun 2014, sesuai dengan jumlah penduduk, alokasi kursi di DPRD Tana Toraja sebanyak 30 kursi. Jumlah tersebut sama dengan alokasi kursi pada pemilihan legislatif 2009 lalu.

Alokasi 30 kursi anggota DPRD di pemilihan legislatif 2014 tersebut akan diperebutkan di lima dapil. Dengan rincian, Dapil 1 sebanyak tujuh kursi, dapil 2 sebanyak sembilan kursi, dapil 3 sebanyak empat kursi, dapil 4 sebanyak empat kursi, dan dapil 5 sebanyak enam kursi.

"Penetapan Dapil dan alokasi kursi di setiap Dapil akan diberitahukan kepada masing-masing pengurus parpol peserta pemilu di kabupaten Tana Toraja," ujar Luther.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4183 seconds (0.1#10.140)