PAN Yogyakarta targetkan 11 kursi legislatif

Jum'at, 08 Maret 2013 - 20:03 WIB
PAN Yogyakarta targetkan 11 kursi legislatif
PAN Yogyakarta targetkan 11 kursi legislatif
A A A
Sindonews.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Yogyakarta menargetkan 11 kursi pada pemilihan umum (Pemilu) 2014 mendatang. Untuk kepentingan itu, saat ini DPD PAN Yogyakarta terus melakukan penjaringan calon legislatif (caleg), baik yang berasal dari kader partai maupun masyarakat umum.

Pendaftaran sendiri sudah berlangsung sejak tahun lalu dan akan ditutup ada Kamis (14/3/2013). Jumlah pendaftar hingga kini sudah ada 73 orang, terdiri dari 50 laki-laki dan 23 perempuan. Dari jumlah itu, lima di antaranya merupakan kader partai yang sekarang duduk sebagai anggota DPRD Yogyakarta.

Ketua DPD PAN Yogyakarta Heru Purwadi mengatakan dari jumlah pendaftar nanti, akan diseleksi menjadi 40 orang yang akan diajukan ke KPU sebagai caleg PAN Yogyakarta. Dimana 30 persennya atau 15 orang adanya caleg perempuan. Untuk itu, setelah pendafataran selesai, segera akan melakukan proses seleksi caleg.

“Proses seleksi ini akan kami mulai dari 24 hingga 31 Maret,” kata Heru saat menjelaskan proses seleksi Caleg PAN, di kantor DPD PAN setempat, Jumat (8/3/2013).

Namun yang menjadi persoalan, hingga sekarang KPU belum mengirimkan aturan tentang pencalegan tersebut, terutama format, legalitas dan laporan keuangan caleg. Sehingga untuk sementara berkas adminsitrasi proses pendaftaran caleg tersebut masih menggunakan berkas yang dibuat oleh DPP PAN.

“Menurut KPU Yogyakarta hingga sekarang belum ada petunjuk teknis (juknis) tentang pencalegan dari pusat,” paparnya.

Sekretaris DPD PAN Yogyakarta Muhammad Ali Fahmi menambahkan untuk target 11 kursi tersebut sangat optimis dapat mencapainya, perolehan kursi itu, ditargetkan dari daerah pemilihan (Dapel) 1 hingga IV dua kursi dan Dapel V tiga kursi.

Di Yogyakarta sendiri untuk Dapel terbagi dalam lima Dapel. Dari lima Dapel itu, untuk mengisi 40 kursi.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6374 seconds (0.1#10.140)