PPLP galang dukungan internasional

Senin, 04 Maret 2013 - 15:47 WIB
PPLP galang dukungan internasional
PPLP galang dukungan internasional
A A A
Sindonews.com – Merasa tak mendapat perhatian pemerintah, Paguyuban Petani Lahan Pasir (PPLP) Kulonprogo berencana membawa masalah penambangan pasir besi ketingkat internasional.

Rencananya, PPLP akan mengirimkan perwakilan untuk mengikuti forum yang akan berlangsung mulai Kamis (7/3/2013) hingga Selasa (12/3/2013) di Filipina. PPLP mengirimkan aktivisnya Widodo serta beberapa ktivis lain dari Yogyakarta.

Ketua PPLP Supriyadi mengatakan, perakilan PPLP akan menyuarakan sekaligus menyerukan penolakan penambangan pasir besi di pesisir selatan Kulonprogo. Melalui forum ini, PPLP juga berniat menggalang dukungan internasional.

Menurut dia, PPLP ingin menunjukkan melalui forum ini, bahwa perjuangan masyarakat pesisir menolak penambangan pasir besi terus berlanjut. Menurutnya, perjuangan ini murni aspirasi masyarakat pesisir tanpa intervensi pihak lain.

“Kami ingin dunia internasional tahu,” kata Supriyadi, Senin (4/3/2013).

Dia menjelaskan, perjuangan masyarakat pesisir sudah berjalan sejak 2006 silam. Meski skalanya, kecil, namun pemerintah wajib memperhatikan aspirasi masyarakat pesisir seperti masyaralat lainnya.

"Selama ini tidak pernah ada tanggapan sama sekali dari pemerintah,” jelasnya.

Perwakilan PPLP Widodo mengatakan, forum yang akan digelar di salah satu universitas di Manila, Filipina merupakan forum akademisi yang intens dalam masalah lingkungan, pemanasan global, serta intens memberi dukungan pergerakan masyarakat otonom dan mandiri.

"Kegiatan ini ada hubungannya dengan PPLP, bagaimana masyarakat pesisir Kulonprogo dengan gerakan otonom bisa mandiri. Dulu lahan pasir dalam kondisi kritis, sekarang sudah bisa diolah menjadi hijau, bisa menghidupi masyarakat. Sehingga mereka tertarik mengundang kami," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3691 seconds (0.1#10.140)