Sasaran Jamkesmas melenceng

Rabu, 27 Februari 2013 - 17:52 WIB
Sasaran Jamkesmas melenceng
Sasaran Jamkesmas melenceng
A A A
Sindonews.com - Data pemanfaatan kartu jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) di Kabupaten Magelang dinilai tidak tepat sasaran. Karena sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan orang kaya justru mendapatkan kartu yang semestinya untuk masyarakat miskin.

Anggota DPRD Kabupaten Magelang, Nur Cahyo Hidayati mengatakan, di daerah pemilihannya meliputi Kecamatan Secang, Grabag dan Ngablak banyak ditemukan pendistribusian Jamkesmas tidak tepat sasaran.

“Saya menemukan di daerah saya PNS dan para pengusaha justru mendapatkan kartu ini. Padahal banyak warga yang kemampuan ekonominya berada di bawahnya tidak mendapatkan fasilitas itu,” katanya di Gedung DPRD Magelang, Rabu (27/2/2013).

Dia bahkan mengaku menemukan penerima Jamkesmas yang sudah meninggal dunia. Menurutnya, kondisi tersebut harus segera ditindaklanjuti dengan melakukan pendataan ulang.

Sejauh ini, di Kabupaten Magelang penerima Jamkesmas sebanyak 480.703 warga. Untuk itu, dia berharap kartu yang telah didistribusikan namun tidak tepat sasaran untuk ditarik kembali.

“Kesalahan pendataan ini bersumber dari data yang didapat Badan Pusat Statistik (BPS). Kinerja BPS harus lebih diperhatikan supaya lebih baik,” tuturnya.

Ketua DPRD Kabupaten Magelang, Susilo mengaku telah mengkonsultasikan ke pemerintah pusat bersama dengan perwakilan Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) dan Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI).

Dalam rapat tersebut menghasilkan kebijakan pemanfaat Jamkesmas yang tidak tepat sasaran bisa dilakukan pergantian.

“Semua seharusnya dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” ujarnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1695 seconds (0.1#10.140)